get app
inews
Aa Read Next : Liburan di Bandung? Ini Dia Rekomendasi 4 Oleh-Oleh Khas yang Cocok Dibawa Pulang

Liburan ke Karawang, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Ini untuk Orang Tercinta

Minggu, 04 Desember 2022 | 11:12 WIB
header img
Bolu Kijing, salah satu oleh-oleh khas Karawang. (Foto: net)

KARAWANG, INEWSBANDUNGRAYA - Oleh-oleh atau buah tangan menjadi salah satu hal yang wajib dicari dan ditunaikan bagi kalian yang sedang berlibur ke suatu daerah.

Biasanya, oleh-oleh ini akan diberikan kepada orang orang yang kita cintai, seperti halnya kelurga, sahabat, teman, hingga kekasih sekalipun.

Nah, jika liburan Anda kali ini sedang berada di Karawang, maka terdapat beberapa oleh-oleh khas Karawang yang mesti Anda beli.

Oleh-oleh ini pun cocok dijadikan sebagai buah tangan khas Karawang karena memiliki rasa yang lezat dan bentuk yang unik. Dijamin akan membuat mereka yang menerimanya merasa senang.

Berikut ini, 6 rekomendasi oleh-oleh khas Karawang yang wajib kalian beli, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kue Semprong

Kue semprong adalah salah satu camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Karawang. Jajanan satu ini bisa bertahan lama juga, lho. 

Kue Semprong berbentuk gulungan seperti pipa yang lonjong dan bertekstur renyah. Memiliki rasa yang tidak terlalu manis, kue kering ini juga termasuk sebagai jajanan tradisional khas Karawang yang saat ini sedang hits.

2. Rengginang Ketan

Rengginang adalah kerupuk yang dibuat dari beras ketan. Rengginang memang banyak terdapat di daerah-daerah lain, namun Kota Karawang memiliki rengginang yang khas dan berbeda dengan kota lain.

Secara umum rengginang terbuat dari beras ketan dengan bentuk bulat gepeng, namun ada juga yang di inovasikan dengan bentuk bulat seperti bola.

Selain banyak rengginang yang berwarna putih, di Karawang banyak menjual rengginang yang terbuat dari ketan merah. Dengan rasa yang lebih renyah dan gurih, sangat sayang jika Anda harus mencobanya sendirian dan tidak membagi dengan keluarga dirumah.

3. Kerupuk Bontot

Kerupuk bontot merupakan kerupuk yang masih setengah jadi dan terbuat dari tepung terigu dengan dicampur udang yang telah dihaluskan. Kerupuk ini berbeda dengan kerupuk udang lainnya karena masih berupa adonan setengah jadi. Meski masih berupa adonan setengah jadi, kerupuk ini banyak diincar dan menjadi buruan wisatawan.

Kerupuk ini bisa disajikan dengan digoreng dan diangkat lalu kerupuk siap dihidangkan. Tekstur dari kerupuk ini sedikit kenyal dan tebal ketika dikunyah. Kerupuk yang sudah digoreng mempunyai tekstur yang mirip dengan cimol, tetapi lebih tebal dan kenyal.

4. Ali Agrem

Oleh-oleh khas Karawang lainnya adalah kue ali agrem. Kue ini sekilas memang terlihat seperti donat karena bentuknya yang bulat dan bolong pada bagian tengahnya. Kue ini dinamakan ali agrem karena merujuk kepada bentuknya yang menyerupai cincin. Dalam bahasa Sunda, cincin disebut dengan ali.

Ali agrem dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan gula merah dan digoreng. Bagi Anda yang ingin mencicipi jajanan ini atau membelinya sebagai oleh-oleh keluarga di rumah, Anda bisa menemukannya di beberapa pasar tradisional yang tersebar di daerah Karawang.

5. Bolu Kijing

Bolu kijing menjadi oleh-oleh khas Karawang yang cukup populer. Kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan hewan kijing, yaitu hewan sejenis kerang yang hidup di air tawar. Kue ini memiliki tekstur yang mirip dengan kue bolu pada umumnya.

Kue ini dibuat dari campuran tepung terigu, vanili, gula, dan tanpa campuran bahan pengawet. Bolu kijing mempunyai rasa yang manis dengan tekstur luar yang renyah dan lembut di dalam.

6. Minuman Kawista Madu

Kawista Madu dalah sebuah sirup yang terbuat dari buah kawista yang memiliki cangkang cukup keras. Ketika buahnya matang, Anda bisa mencium aromanya yang sedap. Sirup ini mempunyai rasa yang manis dan khas.

Sirup ini juga mengandung cola, sehingga juga disebut dengan cola jawa. Kawista madu dibuat dengan cara mencampurkan buah kawista dengan madu. Tidak hanya mempunyai rasa yang segar, sirup ini juga memiliki banyak khasiat yang menyehatkan untuk tubuh.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut