get app
inews
Aa Read Next : Weekend di Karawang? Jangan Lewatkan Liburan di 3 Tempat Wisata Alam Ini

Tebing Panenjoan, Intip Keindahan Alam Sukabumi dari Atas Ketinggian

Minggu, 04 Desember 2022 | 20:08 WIB
header img
Tebing Panenjoan Sukabumi. (Foto: Instagram @donilaksono)

SUKABUMI, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Tebing Panenjoan adalah salah satu tempat wisata alam yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi wisata satu ini merupakan gerbang masuk untuk menyaksikan keindahan alam Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu.

Tebing Panenjoan berada di ketinggian 250 meter di atas permukaan laut menyajikan panorama keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Dilansir dari berbagai sumber, Tebing Panenjoan ini berlokasi di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Awalnya, tempat ini adalah tepi jurang Lembah Ciletuh yang sudah dibangun pagar pembatas aman sebagai tempat untuk menyaksikan keindahan alam.

Lanskap dengan dimensi sekitar 15 x 9 kilometer tersebut terbentuk karena proses geologi pada zaman Plistosen. Proses tersebut menyebabkan bagian barat datar tinggi Jampang mengalami longsor ke laut.

Saat berada di puncak Tebing Panenjoan, wisatawan bisa melihat keindahan hamparan sawah dan perkampungan warga. Tercatat, ada tiga desa yang bisa terlihat dari atas tebing, yaitu Desa Ciwaru, Mandra Jaya, dan Mekar Sakti.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut