get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Gandeng IPSI dan PPSI, Ribuan Pesilat Meriahkan Hari Penca Dunia di Gedung Sate

Selasa, 13 Desember 2022 | 13:18 WIB
header img
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil hadir di acara Hari Penca Dunia di gedung Sate. Foto: Istimewa

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Ribuan peserta dari berbagai usia meramaikan peringatan 3 tahun Penca Jabar Mendunia yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar) di Halaman Utama Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/12/2022).

Bahkan dua organisasi pencak silat yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jabar dan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Jabar ikut terlibat dalam acara memperingati momentum diakuinya pencak silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia oleh UNESCO itu.

"Kita harus bangga karena punya identitas budaya. Jawa Barat harus bangga ekonominya juara, olahraganya juga juara. Jadi membuktikan bahwa kita masyarakat yang sangat berprestasi dengan olahraga digabungkan bersama budaya,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil usai membuka acara yang diikuti 1.300 peserta ini.

Menurut Emil, sapaan akrabnya, pencak silat sangat populer untuk masyarakat Jabar. Hingga 2019 lalu, UNESCO mengakui pencak silat sebagai WBTB Indonesia dan Jawa Barat menjadi provinsi pertama yang menetapkan Hari Pencak Silat.

“Jawa Barat adalah provinsi pertama yang menelurkan usulan Hari Penca Silat tanggal 12 Desember saat ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO,” ujar Emil.

Sebagai bentuk tindak lanjut dukungan, Pemprov Jabar berencana membangun kampung penca silat di kawasan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Selain itu, penca silat juga diusulkan untuk masuk sebagai kurikulum di level sekolah dasar dan sekolah menengah.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut