get app
inews
Aa Read Next : Hasil Bola Tadi Malam: Cristiano Ronaldo Kartu Merah, Al Hilal Sikat Al Nassr 2-1

Tubuhnya Tak Setinggi Cristiano Ronaldo, Lionel Messi Ternyata Idap Penyakit Langka saat Kecil

Rabu, 21 Desember 2022 | 15:33 WIB
header img
Tubuhnya lebih pendek dibanding Cristiano Ronaldo, Lionel Messi ternytata pernah idap penyakit langka sata kecil. Foto: Getty Image/Laurence Griffith

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Sama-sama memiliki julukan GOAT atau Great Of All Time, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memiliki perbedaan mencolok soal tinggi badan. Tubuh Messi diketahui lebih pendek dibandingkan dengan Ronaldo.

Kini, terungkap ternyata Lionel Messi mengidap penyakit langka saat kecil. Penyakit itu adalah growth hormone deficiency.

Pada usia 11 tahun, kapten Timnas Argentina itu divonis mengidap penyakit langka tersebut.

Kondisi ini membuatnya kekurangan hormon pertumbuhan sehingga tinggi badan Messi kecil sekitar 132 cm dan tidak tumbuh sejak ia berusia 9 tahun.

Meski begitu, talentanya dalam mengolah bola di lapangan hijau membuat Lionel Messi kecil dilirik oleh FC Barcelona. 
Akhirnya, di usianya yang ke-13 tahun, Lionel Messi pun resmi direkrut oleh Barcelona.

Saat Messi menandatangani surat kontrak tersebut, klub asal Spanyol itu rela menanggung seluruh biaya pengobatan dan perawatan untuk memperbaiki kondisi kesehatan Lionel Messi.

Kemudian, Messi menjalani serangkaian terapi hormon untuk merawat kondisi growth hormone deficiency yang dialaminya. Setiap harinya, Messi  disuntik dengan somatotropin atau hormon pertumbuhan manusia (hGH).


Tubuhnya lebih pendek dibanding Cristiano Ronaldo, Lionel Messi ternytata pernah idap penyakit langka sata kecil. Foto: Getty Image/Laurence Griffith

Suntikan hormon ini rupanya membuat Lionel Messi mencapai tinggi badan lebih dari rata-rata, yang akan menunjang kariernya sebagai pemain sepakbola kelas dunia.

Hormon pertumbuhan merupakan zat yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan lain yang membantu anak tumbuh dan berkembang.

Sementara itu, defisiensi hormon pertumbuhan adalah suatu kondisi di mana kelenjar pituitari tidak menghasilkan hormon pertumbuhan yang cukup, sehingga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut