get app
inews
Aa Read Next : Pertandingan Persib vs Bhayangkara FC: Suporter Lawan Dilarang Hadir

Inilah 5 Suporter dengan Kehadiran Terbanyak di Piala AFF 2022, Indonesia Kalah Sama Tetangga

Jum'at, 06 Januari 2023 | 13:47 WIB
header img
Suporter Timnas Malaysia. (Foto: Instagram/famalaysia)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Kehadiran suporter dalam ajang Piala AFF 2022 sangat berarti bagi setiap tim. Hal itu tentunya menjadi tambahan semangat bagi tim dalam memenangi pertandingan.

Di ajang Piala AFF 2022 ini, sedikitnya ada 5 suporter dari berbagai negara yang tercatat memiliki jumlah kehadiran terbanyak selama gelaran Piala AFF 2022 berlangsung.

Menariknya, suporter Timnas Indonesia yang dikenal militan ini masih kalah jumlah dengan suporter negara tetangga. Siapakah dia?

Daripada penasaran, simak berikut ini 5 suporter dengan kehadiran terbanyak di Piala AFF 2022, dikutip dari Asean.football:

5. Laos (5.663 suporter)

Laos tergabung di Grup B dan sempat bermain di kandang saat melawan Vietnam dan Singapura. Dalam dua laga tersebut Laos sebagai tuan rumah harus menelan kekalahan, 0-6 saat melawan Vietnam dan 0-2 kala berjumpa Singapura.

Selain itu, Laos juga bertandang ke markas Malaysia dan Myanmar. Rata-rata kehadiran suporter Laos adalah 5.663 penonton.

4. Thailand (7.491 Suporter)

Rata-rata suporter Thailand yang hadir di fase grup sebanyak 7.491 penonton. Tentu cukup mengagekan bahwa tak banyak pendukung Thailand yang hadir untuk menyaksikan skuad Gajah Perang berjuang di Piala AFF 2022.

Padahal di fase grup, Thailand menghadapi Filipina dan Kamboja di kandang. Namun, jumlah tersebut tentu bisa bertambah mengingat Thailand masih akan melawan Malaysia di semifinal Piala AFF 2022.

3. Vietnam (14.560 suporter)

Rata-rata penonton Vietnam yang hadir mendukung pasukan Park Hang-seo di fase grup Piala AFF 2022 ternyata cukup besar. Tercatat rata-rata ada 14.560 suporter Vietnam yang mendukung tim kebanggaannya beraksi.

Selanjutnya Vietnam akan menjamu Timnas Indonesia di leg II semifinal Piala AFF 2022. Diprediksi penonton Vietnam akan kembali meramaikan stadion saat laga tersebut berlangsung pada Senin 9 Januari 2023.

2. Indonesia (37.659 suporter)

Indonesia ternyata hanya bisa berada di urutan ke dua dalam daftar kali ini. Dua kali bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sekali di Kuala Lumpur Stadium, dan terakhir di Rizal Memorial Stadium, sejatinya selalu ada pendukung Garuda yang hadir.

Sehingga rata-rata pendukung Timnas Indonesia yang hadir di stadion dicatatkan mencapai 37.659 orang. Jumlah yang terbilang luar biasa bila dibandingkan Vietnam, Thailand, dan bahkan Laos.

Namun, jumlah tersebut masih kalah dari Malaysia yang berada di urutan pertama,

1. Malaysia (47.554 suporter)

Rata-rata ada sekira 47.554 suporter Malaysia yang hadir setiap kali Harimau Malaya beraksi di fase grup Piala AFF 2022. Bahkan laga Malaysia vs Singapura menjadi pertandingan dengan penonton terbanyak selama di fase grup Piala AFF 2022.

Tepatnya ada 65.147 penonton yang hadir di laga Malaysia vs Singapura. Bila dirata-ratakan dengan tiga laga Malaysia lainnya, maka 47 ribu penonton lebih hadir untuk menyaksikan perjuangan pasukan Kim Pan-gon.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut