get app
inews
Aa
Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Ridwan Kamil Gabung Golkar, Nasdem: Peta Perpolitikan Jabar Tak Terpengaruh

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:26 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat resmi jadi kader Golkar. Foto: Twitter/@golkar_id

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - DPW Nasdem Jawa Barat memberikan pernyataan tajam soal bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar. Partai besutan Surya Paloh ini menyebut berlabuhnya Ridwan ke Golkar tak memberi dampak apapun ke perpolitikan di Jabar.

Partai Nasdem memang memiliki sedikit kisah dengan Ridwan Kamil. Pada Pilgub Jabar 2018 lalu, Nasdem merupakan partai pertama yang mengusung mantan Wali Kota Bandung itu sebagai calon gubernur (cagub).

Kendati demikian, Ketua DPW Nasdem Jabar, Saan Mustopa tetap menghormati keputusan Gubernur Jabar ini memilih bergabung dengan partai pimpinan Airlangga Hartarto.

"Ya itu sih pilihannya Kang Emil mau menentukan bergabung dengan partai apa. Tentu kami menghormati dan mengucapkan selamat untuk kiprah politik praktisnya," kata Saan usai menghadiri acara NasDem Youth Festival di Gedung Sasana Budaya Ghanesa (Sabuga) Kota Bandung, Minggu (22/1/2023).

Kendati demikian, Saan memiliki penilaian tersendiri terkait dampak Ridwan Kamil jadi kader Golkar. Menurutnya, sama sekali tidak berpengaruh terhadap peta perpolitikan di Jabar dengan langkah taktis Emil tersebut.

"Secara peta elektoral, peta politik, atau peta dinamika politik yang ada di Jabar, masuk dan tidaknya Kang Emil ke politik atau memilih partai tertentu sama sekali tak berdampak signifikan bagi perpolitikan di Jabar," beber Saan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut