Tak Seperti PDIP, Ridwan Kamil dan Timses Masih Yakin Manggung di Nasional via Golkar

Aqeela Zea
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 10:25 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berlabuh di Golkar. Foto: Twitter/@golkar_id

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Kasak kusuk Ridwan Kamil memilih Partai Golkar sebagai partai politik pilihannya masih terus diperbincangkan. Terlebih pilihan Golkar diumumkan satu tahun menjelang Pilpres 2024.

Pengamat politik dari Unpad, Muradi mengatakan, alasan Ridwan Kamil bersikukuh memilih Golkar karena masih yakin ada peluang untuk menjadi capres/cawapres. Sebab untuk sekadar kembali maju di Pilgub Jabar, mantan Wali Kota Bandung ini tidak perlu masuk partai berlambang pohon beringin itu.

Apabila RK ngebet merebut periode kedua di Jabar, kata Muradi, cukup maju lewat jalur perseorangan atau independen. Dengan begitu RK bisa lebih bebas ketimbang masuk partai.

"Artinya RK dan timnya masih kompetitif atau masih ada peluang sebagai nomor satu atau nomor 2 di republik ini untuk Pemilu 2024 mendatang," kata Muradi saat dihubungi, Rabu (25/1/2023).

Menurut Muradi, partai besutan Airlangga Hartarto itu secara ideologi tidak seketat PDIP ataupun PKS. Ketika Airlangga dirasa kurang kompetitif maju di level nasional, maka bisa saja mengajukan nama baru melalui skema Munaslub, konvensi maupun rakernas.

"Mendorong calon lain di luar Airlangga, bisa jadi RK," ujar Muradi.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini