get app
inews
Aa Read Next : Perawat RS Santosa Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Gemparkan Warga Bandung

Dukung Elektrifikasi di Jabar, MUJ Sewakan 5 Mobil Listrik untuk Perangkat Daerah

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:19 WIB
header img
Direktur Keuangan MUJI, Yenry Darles dan Plt Sekdis ESDM Jabar, Slamet Mulyanto Sudarsono. (Foto: Ist)

"Kami memiliki program untuk penyediaan mobil listrik yang bukan hanya menyiapkan mobil saja, tapi kami juga menyiapkan ekosistem kendaraan listrik yaitu ev charging station,” kata Ryan Alfian Noor dalam keterangan resmi MUJ, Selasa (24/1/2022).

Ryan mengatakan, penyediaan mobil listrik oleh BUMD untuk operasional perangkat daerah di Jawa Barat merupakan skema pertama di Indonesia. Kehadiran MUJ sebagai holding di bidang energi dikolaborasikan untuk membangun ekosistem energi bersih melalui operasional kendaraan listrik yang secara bertahap diharapkan dapat menggantikan kendaraan operasional berbasis bahan bakar fosil.

“Sesuai dengan yang kami tawarkan dan ini adalah inovasi pertama kali yg dilakukan Pemprov Jabar dengan melakukan skema penyewaan kendaraan listrik dan merupakan terobosan dimana ketika terdapat keterbatasan APBD, maka pemerintah daerah dapat melakukan penyewaan tanpa harus membeli,” ucacp Ryan.

“Kami berharap skema sewa untuk mobil listrik ini dapat juga dilakukan oleh pemerintah kota dan kabupaten melalui e-katalog yang sudah tersedia dimana kami menjadi vendor di e-katalog tersebut, kami siap bekerjasama untuk penyediaan mobil listrik agar dapat bersama-sama mewujudkan transisi energi menuju net zero emission,” tambahnya.

Kepala Dinas ESDM Jabar, Ai Saadiyah Dwidaningsih mengatakan, pada tahun 2023 Jawa Barat melalui Dinas ESDM memulai transisi dari kendaraan dinas berbasis fosil menjadi berbasis listrik dengan baterai. Langkah awal dengan hadirnya 22 unit mobil listrik untuk perangkat daerah sebagai kendaraan operasional.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut