get app
inews
Aa Read Next : Targetkan Kemenangan Pemilu 2024, Ridwan Kamil Berikan Tips dan Trik Kampanye di Medsos

Kelak-kelok Strategi Ridwan Kamil Siapkan Jalan Mulus, Akankah Terwujud di 2023?

Jum'at, 27 Januari 2023 | 18:45 WIB
header img
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat meninjau pembangunan jalan. Di sisa masa jabatannya, dirinya menjanjikan jalan mulus di Jabar 2023 mendatang. (Foto: Ist)

4. Butuh Rp1,9 Triliun untuk Perbaikan Jalan Mulus

Kepala DBMPR Jabar, Bambang Tirtoyulianto mengatakan, kondisi jalan yang rusak di Jawa Barat mencapai 450 kilometer dan harus segera direkontruksi. 

"Kalau dihitung rekontruksi itu biayanya bisa mencapai Rp1,9 triliun. Kondisi jalan di Jawa Barat hampir 73 persen sudah melebihi dari umur teknis. Untuk itu, tidak ada solusi lain kecuali melakukan rekonstruksi," ucap Bambang di Kota Bandung, Kamis (04/08/2022).

Jika dihitung, kata Bambang, dari 73 persen pihaknya membutuhkan biaya sebesar Rp1,6 triliun.

"Jika 73 persen berarti Rp1,6 triliun harus kita siapkan untuk rekontruksi jalan," ujarnya.

5. Prioritaskan Jalur Dekat Perkotaan

Bambang Tirtoyulianto mengatakan, dalam perbaikan jalan mulus ini pihaknya akan memprioritaskan kepada jalur-jalur yang dekat dengan perkotaan hingga pusat ekonomi dan wisata.

"Jadi itu untuk memastikan akses ke pusat pertumbuhan se-Jabar. Sehingga dengan anggaran provinsi itu dengan memenuhi empat variabel, itu pasti akan kita tangani," ucap Bambang, Selasa (24/1/2023).

Bambang menyebut, secara kumulatif DBMPR Jabar mendapatkan anggaran di Bina marga dan Tata Ruang dan Jasa Kontruksi dengan total sekitar Rp1,1 trilun.

"Sekitar Rp600 miliar akan digunakan untuk melakukan perbaikan jalan sekitar 360 kilometer (km) itu akan kita tangani (ditahun ini) se-Jabar," ungkapnya.

Jika melihat kelak-kelok perjalanan diatas, akankah Pemprov Jabar dibawah pimpinan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum menuntaskan perbaikan jalan mulus di tahun 2023 ini?

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut