Logo Network
Network

Tiap 2 Hari, Seorang Anak Menikah di Sumedang Selama 2022

Aqeela Zea
.
Sabtu, 28 Januari 2023 | 13:33 WIB
Tiap 2 Hari, Seorang Anak Menikah di Sumedang Selama 2022
Ilustrasi pernikahan anak di Sumedang. Foto: Internet

SUMEDANG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Kasus pernikahan anak masih saja banyak terjadi di Kabupaten Sumedang. Jika dihitung hampir satu anak menikah dalam dua hari di Sumedang pada 2022.

Berdasarkan data Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang pada 2022 (sampai triwulan 3), tercatat ada 246 kasus yang mengajukan pernikahan usia anak. Namun yang dikabulkan oleh PA Sumedang hanya 229 pernikahan usia anak.

Apabila dikalkulasi secara lebih rinci yang dikabulkan, maka akan keluar angka 1,5 anak menikah di Sumedang setiap harinya. Singkatnya per 2 hari ada anak yang menikah.

"Jumlah ini menurun drastis dibandingkan 2021 lalu dimana tercatat ada 1.348 pernikahan usia anak," kata Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) DPPKBP3A Kabupaten Sumedang, Ekki Riswandiyah, Kamis, 26 Januari 2023.

Ekki mengaku, berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Sumedang untuk menurunkan dan mencegah terjadinya pernikahan usia anak. Salah satunya dengan menguatkan upaya promotive dan preventif.

Adapun upaya yang dilakukan yakni membentuk puspaga (pusat pembelajaran keluarga), bekerjasama dengan berbagai unsur lintas sektor.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini