CIMAHI,INEWSBANDUNGRAYA.ID - Sambungan rumah (SR) pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja sebagai BUMD penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi terus meningkat setiap tahunnya.
Sebagai upaya memudahkan para pelanggannya, manajemen Perumda Air Minum Tirta Raharja menggagas konsep inovasi transaksi secara digital bagi para pelanggannya.
Sehingga diharapkan bisa mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan dari perusahaan pelat merah ini.
"Adanya pelayanan mandiri Kios Tira di Mal Pelayanan Publik dan pengembangan aplikasi pelayanan berupa mobile apps TIRAQU, untuk memberikan kemudahan masyarakat di era digital seperti sekarang," kata Manager Junior Humas dan Kesekretariatan Perumda Tirta Raharja, Astria Wulantirta, belum lama ini.
Menurutnya, seiring meningkatnya jumlah pelanggan pihaknya menggagas beberapa inovasi untuk meningkatkan pelayanan. Seperti membangun teknologi digital berupa System Control Data Aquisition (SCADA), layanan contact center 24 jam, sistem pembayaran digital menggunakan QRIS statis dan dinamis, dan aplikasi pelayanan mandiri berbasis web.
Berdasarkan data hingga akhir tahun 2022 mencatat sudah ada sebanyak 111.773 SR pelanggan. Mencakup Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat. "Setiap tahun sejak 2015 jumlah SR pelanggan kami terus meningkat, itu capaian yang positif bagi perusahaan yang akan terus meningkatkan pelayanan," sebutnya.
Saat ini, lanjut dia, Perumda Air Minum Tirta Raharja membagi 4 wilayah pelayanan. Yakni Wilayah Pelayanan I (Soreang, Kutawaringin, Ciwidey dan Margaasih), Wilayah Pelayanan II (Banjaran, Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot dan Pangalengan).
Kemudian Wilayah Pelayanan III (Ciparay, Pacet, Majalaya, Cicalengka, Rancaekek dan Cileunyi), dan Wilayah Pelayanan IV (Cimahi, Cisarua, Lembang, Padalarang, Cikalong Wetan, Cililin dan Batujajar).
"Kami akan terus berupaya melakukan pengembangan sambungan rumah ke semua pelanggan di wilayah pelayanan dengan slogan 4 K. Yaitu kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan kepada pelanggan," imbuhnya. (*)
Editor : Abdul Basir