get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Jabar Ingatkan Warga agar Menjaga Komitmen Tak Buang Sampah Sembarangan

GeoDipa Penuhi Komitmen Penyediaan Lahan Kompensasi ke KLHK

Jum'at, 03 Februari 2023 | 13:13 WIB
header img
GeoDipa Penuhi Komitmen Penyediaan Lahan Kompensasi ke KLHK. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - PT Geo Dipa Energi (Persero) atau GeoDipa telah melakukan pemenuhan komitmen penyediaan lahan kompensasi kepada Direktur Jendral Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

Penyerahan lahan kompensasi tersebut merupakan bagian dari kewajiban GeoDipa sebagai pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat seluas ±2,82 Ha yang tertuang dalam keputusan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan nomor SK.32/1/KLHK/2021.

Project General Manager, Project Management Unit GeoDipa, Hefi Hendri menyebut, GeoDipa telah melakukan pemenuhan komitmen penyediaan lahan dan menyerahkan kepada Kementerian LHK sebelum batas waktu yang ditentukan.

“12 Januari lalu kami serahkan, kami bersyukur karena upaya dalam pemenuhan komitmen tersebut berjalan dengan lancar,” ucap Hefi dalam keterangannya, Jumat (3/2/2023).

Menurut Hefi, keberhasilan proses penyediaan lahan kompensasi tidak luput dari keterlibatan para pemangku kepentingan di sekitar wilayah kerja pembangunan Proyek PLTP Patuha Unit 2.

“Peran mereka sangat membantu, komunikasi dan koordinasi menjadi kunci dari keberhasilan upaya ini,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, dalam IPPKH tersebut, GeoDipa memiliki kewajiban menyediakan lahan kompensasi dengan ratio 1:2, adapun lahan kompensasi yang telah diserahkan tersebut memiliki luas ± 6 Ha, terletak di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kepala Desa Sugihmukti, H. Ruswan Bukhori mengatakan, sebagai pemangku wilayah pihaknya memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh GeoDipa untuk penyediaan lahan kompensasi di Desa Sugihmukti.

“Alhamdulillah koordinasi selalu dilakukan oleh GeoDipa, ini bisa juga menjadi pilot project untuk program serupa lainnya, semoga lahan kompensasi yang saat ini ada di desa kami dapat tetap lestari dan terjaga,” kata Ruswan.

Dalam kesempatan terpisah, Warga Penjual Lahan Kompensasi, H. Rahmat menyampaikan, apresiasi kepada GeoDipa atas upaya yang ditempuh dalam proses penyediaan lahan kompensasi sejauh ini,

“Terima kasih kepada perusahaan GeoDipa, alhamdulillah prosesnya lancar, hasilnya pun sudah kami manfaatkan,” ujar Rahmat.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut