get app
inews
Aa Read Next : Agak Laen! Arab Saudi Populerkan Burger Belalang Seharga Rp31 Ribu, Tertarik?

Ada Tikus hingga Kobra, Inilah 5 Makanan Ekstrem di Indonesia

Rabu, 15 Februari 2023 | 11:21 WIB
header img
Salah satu makanan ekstrem khas Indonesia, tikus bakar. Foto: Selera Pelik

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Salah satu negara yang kaya akan dengan kulinernya adalah Indonesia. Banyaknya suku di Indonesia membuat Tanah Air ini memiliki beragam kuliner khas.

Namun jangan salah dengan ragam kekayaan makanan Indonesia. Selain ada yang terkenal lezat, ada juga jenis makanan yang terbilang ekstrem.

Sebutan ekstrem ini disematkan lantaran bahan makanan yang digunakan tidak lazim untuk dikonsumsi. Misalnya saja ada tikus, kelelawar hingga reptil buas.

Kendati demikian, cukup banyak yang menggemari makanan ekstrem tersebut. Sebab mereka percaya di dalam makanan ekstrem tersebut menyimpan banyak khasiat.

Berikut daftar 5 makanan ekstrem di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/2/2023):

1. Olahan Ular Kobra

Empedu kobra dipercaya oleh masyarakat mempunyai banyak khasiat. Selain itu, empedu reptil buas ini disebut mampu menyembuhkan gatal-gatal, penyakit kulit dan jerawat.

2. Tikus Bakar

Selama ini China terkenal dengan olahan makanan tikusnya. Padahal olahan makanan tikus ada juga di Indonesia.

Lokasi olahan tikus bakar ada di Sulawesi Utara, tepatnya di daerah Minahasa. Kebanyakan orang menganggap tikus sebagai hama yang menggangu dan menjijikan.

Lain halnya dengan anggapan orang di Minahasa. Tikus ini bisa dijadikan olahan untuk disantap.

3. Paniki

Paniki adalah kelelawar pemakan buah yang dimasak dengan menggunakan santan. Makanan ini berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Namun, kelelawar yang digunakan dalam olahan makananan ini yaitu berjenis kelelawar pemakan buah. Hewan satu itu mempunyai tubuh yang lebih besar dari kelelawar pada umumnya.

Kelelawar tersebut dipilih supaya saat menikmati olahan paniki penyantap akan lebih puas. Daerah lain yang sama mengolah kelelawar di antaranya Kalimantan, Maluku dan Gunungkidul di Yogyakarta.

4. Sate Biawak

Masyarakat kebanyakan mengenal sate dari olahan kambing, ayam, sapi dan paling tidak umum kelinci. Tetapi, ada satu daerah di Indonesia yang kuliner satenya berbahan dasar biawak.

Sate biawak itu berasal dari wilayah Jawa Timur. Kebanyakan penikmat makanan ini untuk obat alternatif.

Daging dari hewan satu ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit parah.

5. Torpedo Kambing

Kepercayaan masyarakat banyak terhadap torpedo kambing yaitu jika menyantap makanan ini bisa meningkatkan libido. Peminatnya cukup lumayan, torpedo atau testis kambing ini bisa dipesan di rumah makan sate kambing di daerah Jawa.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut