get app
inews
Aa Read Next : Menko PMK: Tol Cisumdawu Siap Digunakan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Tol Cisumdawu Sulit Rampung Akhir Februari 2023

Senin, 20 Februari 2023 | 17:39 WIB
header img
Tol Cisumdawu diprediksi meleset dari target yang sudah dicanangkan. Foto: Dok. Kementerian PUPR

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang ditargetkan rampung pada akhir Februari 2023 diprediksi sulit direalisasikan. Terlebih tol yang akan menghubungkan ke BIJB Kertajati, Majalengka ini harus beroperasi secara fungsional.

Pakar transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Sony Sulaksono mengatakan, target tersebut sebenarnya ditujukan kepada kontraktor yang dalam hal ini PT CKJT. Mereka secara tidak langsung didesak untuk menyelesaikan sesuai target pemerintah.

"Tapi faktanya berbicara lain, karena untuk Seksi 4 dan Seksi 5 itu ternyata tidak mudah. Dari skenario awalnya merupakan timbunan tiba-tiba dijadikan jembatan dengan bentang yang cukup panjang. Itu bukan pekerjaan yang mudah," kata Sony saat dihubungi, Senin (20/2/2023).

Sejauh ini progres yang sudah di atas 90 persen baru di Seksi 4 Tol Cisumdawu. Sementara di Seksi 5 belum sampai di angka 90 persen.

Terlebih Seksi 3 yang sudah beroperasi pun masih menyisakan masalah. Di mana persoalan yang timbul adalah kestabilan tanah dan potensi banjir di beberapa titik.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut