get app
inews
Aa Read Next : Tiga Rekomendasi Makanan Khas Bekasi, Ada Sop Janda

5 Rekomendasi Jajanan Enak dan Terkenal di Kuningan, Nyesel Deh Kalau Enggak Coba!

Kamis, 23 Februari 2023 | 08:47 WIB
header img
Kue Satu khas Kuningan. (Foto: net)

KUNINGAN, iNewsBandungRaya.id - Liburan di Kuningan jangan hanya mengunjungi tempat wisata saja. Cobalah untuk mencicipi jajanan enak dan terkenal yang ada di Kuningan berikut ini.

Kuningan yang merupakan salah satu daerah di Jawa Barat ini tidak hanya dianugerahi oleh pesona alamnya saja, tapi juga beragam kuliner yang siap memanjakan lidah para penikmatnya.

Dari sekian banyaknya kuliner yang ada di Kuningan, ada beberapa jajanan di Kuningan yang wajib untuk kamu coba. Apa saja?

Berikut ini 5 rekomendasi jajanan enak dan terkenal di Kuningan, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Ketempling

Ketempling merupakan kuliner terkenal di Kuningan. Makanan khas ini berbahan dasar singkong yang menjadi jajanan favorit para warga Kuningan.

Ketempling memiliki bentuk bulat dengan warnanya kekuningan. Teksturnya renyah dan rasanya juga gurih.

Jajanan khas Kuningan ini juga memiliki nama lain, yakni keripik gemblong. Perbedaannya, ketempling memiliki bentuk bulat kembung dan bagian tengahnya kopong.

Ketempling dijual dengan dua varian rasa yakni rasa oncom dan rasa original. Karena rasanya yang lezat, ketempling banyak diburu oleh para wisatawan yang datang ke Kuningan.

2. Rujak Kangkung

Jika kamu bosan dengan rujak buah, tak ada salahnya mencicipi rujak kangkung khas Kuningan. Jajanan satu ini siap memanjakan lidah kamu dengan kelezatannya.

Rujak kangkung yang memiliki cita rasa pedas ini disiram dengan bumbu rujak dengan tambahan asam jawa yang membuat rasanya lebih segar.

3. Kue Satu

Kue satu juga termasuk jajanan terkenal di Kuningan yang sangat direkomendasikan untuk kamu cicipi.

Kue yang namanya mirip angka ini dibuat dari olahan kacang hijau yang disangrai, ditumbuk, lalu dicampur dengan gula halus. Setelah itu, adonan kue satu dicetak menggunakan cetakan kayu.

Setelah dicetak, kue satu tidak dipanggang ataupun digoreng, melainkan dijemur di bawah terik matahari hingga kering.

4. Kwecang

Salah satu jajanan enak dan terkenal di Kuningan ialah kwecang. Makanan ini sangat mirip dengan bacang.

Jika bacang memiliki cita rasa gurih dengan isi potongan daging atau sayuran, kwecang Kuningan ini memiliki rasa yang manis.

Kwecang dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan air kapur dan kemudian dibungkus menggunakan daun bambu.

Kwecang biasanya disajikan dengan gula pasir sebagai tambahan untuk dicocol.

5. Keripik Gadung

Keripik ini terbuat dari umbi tanaman gadung yang sebenarnya beracun bila pengolahannya tidak tepat. Biasanya, keripik ini memiliki rasa asin gurih.

Keripik gadung diolah dengan cara digoreng. Sebelum digoreng, umbi gadung harus dibersihkan terlebih dulu. Kemudian diiris tipis, lalu dicuci bersih.

Karena cara pengolahan umbi gadung yang cukup rumit, jajanan satu ini sekarang mulai sulit ditemui.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut