get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan! Kode Redeem FF Hari Ini 12 Juli 2024, Ada Hadiah Eksklusif

Google Doodle Hari Ini Kenang Sosok Didi Kempot, Sang Maestro Musik Campursasi Jawa

Minggu, 26 Februari 2023 | 08:30 WIB
header img
Sang maestro musik campursasi Jawa, Didi Kempot. (Foto: Instagram @didikempot_official)

Selama lebih dari dua dekade, penyanyi kelas dunia ini tampil tanpa dikenal di jalanan Surakarta dan Jakarta. Tidak hanya itu, "Kelompok Pengamen Trotoar" kemudian menjadi tempat ia mendapatkan nama belakangnya yang terkenal, "Kempot". 

Meskipun tidak memiliki uang, Didi Kempot menulis dan membawakan beberapa lagu yang paling terkenal seperti "We Cen Yu", "Cidro" (Rusak), "Moblong-Moblong" (Berlubang), dan "Podo Pintere" (Sama-sama Pintar) pada masa itu.

Setelah seharian mengamen, Didi Kempot sering begadang untuk merekam lagu-lagunya ke dalam kaset kosong. Meskipun sebagian besar kaset yang ia kirimkan ke studio rekaman tidak pernah lolos dari meja satpam, Kempot tidak pernah menyerah pada mimpinya. 

Didi Kempot akhirnya mendapatkan terobosan besar pada tahun 1989 dan menandatangani kontrak dengan sebuah label musik. Single hit pertamanya, Cidro, menjadi sangat populer di Belanda dan Suriname, dua negara dengan diaspora Jawa yang besar. Lagu ini juga membuka jalan bagi musik campursari untuk menembus pasar mainstream. 

Ketika Didi Kempot melakukan perjalanan ke Belanda untuk tampil pada tahun 1993, ia merasa terharu melihat para penggemar yang menghafal lirik lagunya. Ia kemudian merilis sepuluh album lagi di Belanda dan Suriname.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut