get app
inews
Aa Read Next : 3 Cara Efektif Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

Ramadhan 2023: Catat, Menelan Ludah Tidak Membatalkan Puasa

Selasa, 28 Februari 2023 | 12:20 WIB
header img
Menelan air ludah tidak membatalkan puasa. Foto: Pixabay

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sebagian orang terkadang masih bingung ketika dihadapkan dengan pertanyaan menelan ludah maupun dahak apakah membatalkan puasa Ramadhan. Terlebih pertanyaan ini didapat orang dewasa dari anak-anak.

Satu yang pasti adalah puasa disebut batal apabila memasukkan benda ke organ tubuh (jauf), seperti menelan makanan ataupun minuman ke dalam perut lewat mulut.

Pertanyaan tersebut mengemuka lantaran air liur atau ludah berupa cairan yang diproduksi dalam mulut. Proses produksinya tidak dapat diprediksi bahkan dikontrol oleh tubuh.

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu' Syarah al-Muhadzdzab (6/341) memaparkan, para ulama bersepakat menelan air liur atau air ludah hukumnya tidak membatalkan puasa. Ini berlaku apabila air liur sering terbiasa keluar karena sulit dihindari.

ابتلاع الريق لا يفطر بالاجماع إذا كان على العادة لانه يعسر الاحتراز منه

"Menelan air liur itu tidak membatalkan puasa sesuai kesepakatan para ulama. Hal ini berlaku jika orang yang berpuasa tersebut memang biasa mengeluarkan air liur. Sebab susahnya memproteksi air liur untuk masuk kembali."

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut