get app
inews
Aa Read Next : Polrestabes Bandung Gelar Nobar Indonesia vs Uzbekistan, Ada Snack dan Minuman Gratis

5.843 Kasus HIV Terjadi di Kota Bandung, 11 Persen dari Kalangan Ibu Rumah Tangga

Minggu, 05 Maret 2023 | 10:15 WIB
header img
Kasus HIV/AIDS di Kota Bandung jumlahnya mencapai ribuan. Foto: Istimewa.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat 5.843 kasus HIV/AIDS sejak 1991 hingga Desember 2021 di wilayahnya. Untuk estimasi angka orang dengan HIV (ODHIV) sebanyak 10.871 kasus.

Ketua Pokja Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA) Kota Bandung, dr. Nova Dianthy mengatakan, penyembuhan penderita HIV merupakan PR Bersama. Sebab merujuk data tersebut, masih perlu ditemukan dan diobati sekitar 5.028 orang.

Beragam upaya sudah dilakukan untuk mencari angka hilang itu melalui kolaborasi pentahelix. Namun, hal itu perlu dilaksanakan lebih massif lagi di lapangan.

"Kita masih menemukan anak yang terkena HIV/AIDS lantaran tertular dari ibunya disebabkan ibunya lost to follow up. Sang ibu tidak memeriksakan HIV saat kehamilan," kata Nova di Gedung Graha Binangkit, Sabtu (4/3/2023).

Sementara itu, Ketua Pokja Pemberdayaan Masyarakat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung, Yunimar Mulyana mengatakan, dari 5.843 kasus HIV/AIDS yang telah diketahui, sebanyak 11,11 persennya berasal dari kalangan ibu rumah tangga.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut