get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Lonjakan Wisatawan Libur Lebaran, Kemenparekraf Gandeng Disparbud Jabar

Kembangkan Potensi Wisata, Disparbud Jabar Kaji Candi Tertua di Indonesia

Sabtu, 11 Maret 2023 | 14:03 WIB
header img
Disparbud Jabar saat monitoring ke Candi Jiwa di Batujaya, Kabupaten Karawang. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar) akan melakukan kajian mendalam terhadap Candi Jiwa di Batujaya, Kabupaten Karawang. Kajian dilakukan untuk melihat potensi wisata salah satu candi tertua di Indonesia ini.

Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, pihaknya siap mengembangkan potensi wisata di Candi Jiwa dengan berbagai keunggulan yang ada.

Benny berharap, pemanfaatan Candi Jiwa sebagai destinasi wisata bakal memberi dampak positif untuk masyarakat maupun daya tarik lainnya yang ada di Kabupaten Karawang seperti Rengasdengklok, Pulau Putri, Pantai Pakis, dan lain-lain. Terlebih bisa mendongkrak ekonomi UMKM

“Kita sudah berdiskusi terkait konsep pembangunan Candi Jiwa. Ini dalam konteks kolaborasi antara pemerintah pusat melalui Kementerian Kebudayaan yang diwakili oleh balai, juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Karawang,” kata Benny saat monitoring ke Candi Jiwa, Jumat (10/3/2023).

Saat ini, Candi Jiwa masuk dalam komplek cagar budaya. Menurut perkiraan, usia Candi Jiwa jauh lebih tua dibanding candi-candi besar lainnya di Pulau Jawa seperti Prambanan dan juga Borobudur.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut