get app
inews
Aa Read Next : Ridwan Kamil-Suswono Resmi Diusung KIM Plus di Pilkada Jakarta 2024

Ustadz Khalid Basalamah Wajib Kantongi Izin Polisi Jika Ingin Ceramah di Masjid Al Jabbar

Selasa, 14 Maret 2023 | 16:09 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Humas Jabar)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, setiap kegiatan yang akan digelar di Masjid Al Jabbar harus mengantongi surat izin dari pihak kepolisian.

Begitu juga dengan rencana Ustadz Khalid Basalamah yang diagendakan bakal mengisi ceramah di Masjid Al Jabbar dalam acara Gazwah Weekend Festival pada Sabtu (18/3/2023) mendatang.

"Namanya ceramah, siapapun pada dasarnya harus ikuti kearifan lokal di wilayah masing-masing. Setiap ada ceramah besar koordinasi dengan kepolisian," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Selasa (14/3/2023). 

Alasannya, kata Emil, pihak kepolisian turut terlibat untuk menjaga ketertiban masyarakat, termasuk untuk ceramah dari pemuka agama besar. Karenanya, selama pihak kepolisian memberikan izin maka kegiatan ceramah bisa digelar di Masjid Al Jabbar.

"Ada beberapa pengajian yang tidak jadi, misal di Masjid Atta'awun Puncak Bogor karena tidak dapat rekomendasi kepolisian, itu aja. Bukan soal boleh tidak boleh semua akan diberikan plus minus rekomendasi oleh kepolisian," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum juga mengatakan, Masjid Al Jabbar merupakan tempat ibadah milik seluruh umat Islam.

Sehingga menurutnya, tidak ada larangan untuk pemuka agama menggunakan masjid tersebut. Asalkan, isi ceramahnya harus membangun kesadaran keimanan, ketakwaan, rasa nasionalisme, dan kebangsaan.

"Sepanjang itu membawa kemaslahatan dan tidak membawa kemudaratan, tidak bertentangan dengan dasar negara, dan tidak membuat perpecahan, saya kira sah-sah saja, tidak masalah," ucap Uu saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (13/3/2023).

Untuk diketahui, rencana Ustadz Khalid Basalamah mengisi ceramah di Masjid Al Jabbar pada acara Gazwah Weekend Festival pada Sabtu (18/3/2023).

Kegiatan ini diprotes oleh anggoa GP Ansor, Afif Fuad Saidi melalui akun Twitter @AfifFuadS, Sabtu (11/3/2023).

Menurutnya, Ustadz Khalid Basalamah dianggap salafi yang bisa memunculkan keresahan masyarakat. Dia juga menyampaikan langsung kepada Ridwan Kamil melalui cuitan.

"Pak @ridwankamil Saya kecewa kpd Bapak, sumpah. Ini masjid pemprov, dan ngasi panggung ke Khalid Baasalamah, karep e smean gimana?," katanya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut