Logo Network
Network

Waduh! Wabah Flu Burung Sudah Masuk ke Kabupaten Sumedang

Rizal Fadillah
.
Rabu, 22 Maret 2023 | 06:55 WIB
Waduh! Wabah Flu Burung Sudah Masuk ke Kabupaten Sumedang
Wabah Flu Burung Sudah Masuk ke Kabupaten Sumedang. (Foto: Ilustrasi/ MNC Media/ Sindonews)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Wabah flu burung atau Avian Influenza (AI) telah masuk ke wilayah Kabupaten Sumedang. Hal ini diketahui dari hasil uji sampel kepada 9 ekor hewan ternak yang mati di Desa Girimukti, Sumedang Utara.

Kepala Diskanak Sumedang, Nandang Suparman mengatakan, sejak tanggal 6-10 Maret 2023 masyarakat Desa Girimukti melaporkan ada 6 ekor ayam dam 3 ekor entog yang mati.

"Atas laporan tersebut kami melakukan investigasi lapangan bersama dengan tim Kesehatan Hewan UPTD Perikanan dan Peternakan Sumedang Kota ke lokasi kejadian Desa Girimukti, Kecamatan Sumedang Utara," kata Nandang, Rabu (22/3/2023).

Nandang menjelaskan, investigasi dilakukan dengan melakukan wawancara kepada pemilik ternak dan bedah bangkai pada unggas yang mati dan mengambil sampel swab dan darah pada unggas yang hidup. Sampel tersebut langsung dikirim ke Balai Veteriner Subang untuk dilakukan uji diagnostic. 

Selanjutnya, berdasarakan surat dari Balai Veteriner Subang pada tanggal 20 Maret 2023 dengan no surat 1705/PK.310/F.5.5/03/2023 bahwa sampel yang dikirimkan positif Avian influenza atau Flu burung berdasarkan uji RT-PCR.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.