get app
inews
Aa Read Next : Budi Gunadi Jadi Ketua MWA ITB, Bey Harap Bantu Selesaikan Transportasi Bandung Raya

Observatorium Bosscha Amati Hilal Ramadhan 1444 Hijriah di Lembang

Rabu, 22 Maret 2023 | 11:15 WIB
header img
Observatorium Bosscha akan amati hilal untuk Ramadhan 1444 Hijriah. (Foto: pergidulu)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Observatorium Bosscha, Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan pengamatan hilal untuk menentukan awal Ramadhan 1444 Hijriah. Pengamatan sudah dilaksanakan sejak 21 hingga nanti 23 Maret 2023 dari pagi hari hingga Bulan terbenam di ufuk Barat di Lembang.

Hasil pengamatan hilal hari ini bakal disampaikan kepada pemerintah sebagai masukan untuk isbat penetapan 1 Ramadhan 1444 Hijriah. Kegiatan pengamatan hilal adalah agenda rutin pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan.

"Setiap tahunnya, Observatorium Bosscha menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal bulan Hijriah, termasuk Ramadhan," kata peneliti di Observatorium Bosscha ITB, Agus Triono P.J.

Agus menjelaskan, kegiatan pengamatan bulan sabit oleh Observatorium Bosscha ditujukan guna meneliti ambang visibilitas (kenampakan) bulan sebagai fungsi dari elongasi terhadap ketebalan sabit bulan, juga dalam rangka rukyatul hilal bulan Ramadhan 1444 H.

Rukyatul hilal dilaksanakan pada 22 Maret 2023 mulai sore hari hingga bulan terbenam. Sabit bulan yang tampak setelah matahari terbenam pada tanggal itu dikenal sebagai hilal.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut