get app
inews
Aa Read Next : Jangan Coba-Coba! 5 Tips Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Tips dan Trik Khatam Al Qur'an di Bulan Ramadhan 1444 Hijriah

Kamis, 23 Maret 2023 | 21:08 WIB
header img
Tips khatam Al Qur'an di Ramadhan tahun ini. (Foto: Unsplash)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bagi yang ingin bisa khatam membaca Al Qur'an pada bulan Ramadhan 1444 H atau 2023 simak artikel ini hingga tuntas. Dengan niat sepenuh hati, Ramadhan kali ini akan jauh lebih berarti dari sebelumnya.

Umat muslim memandang Al Qur'an sebagai pedoman dalam hidup. Kitab ini berisi firman Allah SWT yang jelas hukumnya dan bisa mengatur kehidupan sehari-hari.

Semua umat muslim selama bulan Ramadhan tentunya dianjurkan memberbanyak ibadah. Hal ini jelas untuk mendapatkan pahala di bulan yang penuh keberkahan dan kemuliaann ini.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist:

“Barangsiapa beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” (HR Bukhari dan Muslim).

Salah satu ibadah yang banyak dilakukan umat muslim yaitu membaca Al Qur’an sampai mengkhatamkannya. Sebab Allah SWT akan memberikan ganjaran berupa dua pahala, dalam hadits disebutkan:

“Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala,” (HR. Bukhari Muslim),”

Akan tetapi, ternyata ada tips dan trik khatam membaca Al Qur'an dalam 30 hari atau selama bulan Ramadhan.

Seperti diketahui, ada 30 juz dalam Al Qur’an dan dalam setiap juz terdapat 10 lembar bacaan. Sementara waktu sholat dalam satu hari dilakukan 5 kali.

Apabila ingin satu kali khatam Al Qur'an, maka setiap sehabis sholat bisa membaca 5 kali dalam satu hari dengan cara membagi beberapa halaman dan seterusnya.

Waktu Sholat

1x Khatam
2x Khatam
3x Khatam

Shubuh
2 lembar
4 lembar
6 lembar

Dzuhur
2 lembar
2 lembar
3 lembar

Ashar
2 lembar
2 lembar
3 lembar

Maghrib
2 lembar
4 lembar
6 lembar

Isya
2 lembar
8 lembar
8 lembar

Adapun beberapa keutamaan dari membaca Al Qur’an salah satunya yaitu mendapatkan kebaikan dari Allah SWT serta kebaikan membacanya dilipatkan menjadi sepuluh kali.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut