get app
inews
Aa Read Next : Mengenang Kembali Mainan Tradisional Indonesia untuk Ngabuburit

Deretan Tempat Ngabuburit Paling Mantap di Bandung, Nomor 5 Bisa Lihat Pesawat Terbang dan Landing

Jum'at, 24 Maret 2023 | 15:04 WIB
header img
Kawasan Lanud Husein adalah salah satu spot ngabuburit di Bandung. Foto: tangkapan layar YouTube/Raja Video ID

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ngabuburit menjadi sebuah tradisi yang tak pernah dilewatkan saat bulan puasa Ramadhan tiba. Begitu juga di Bandung banyak masyarakat yang menghabiskan waktu menunggu buka puasa dengan ngabuburit.

Tempat ngabuburit di Bandung bisa terbilang cukup banyak. Tiap sudut kota menyimpan keunikan tersendiri untuk menarik masyarakat menghabiskan waktu ngabuburit di sana.

Selain santai menikmati sore, ngabuburit pun bisa sekalian diisi dengan berburu makanan untuk berbuka puasa. Soal takjil sudah pasti banyak berjejer di Bandung.

Berikut tempat ngabuburit seru yang ada di Bandung:

1. Jalan Cibadak

Alamat: Jl. Cibadak, Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung
Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Jalan Cibadak bisa Anda pilih sebagai tempat ngabuburit hingga waktu bedug tiba. Anda juga dapat membeli aneka makanan halal untuk berbuka.

Ada Soto Bandung Pak Simon yang lezat, olahan seafood ala Jepang di Kobe Teppanyaki sampai aneka hidangan berbahan dasar kerang dari Kerang Ajaib. Anda juga bisa menghangatkan tubuh dengan kesegaran dari Sekoteng Jahe Cibadak.

2. Caringin Tilu

Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung
Jam Operasional: Setiap hari, pukul 11.00 – 22.00 WIB
Harga Tiket: Rp15.000, Rp25.000 (Camping)

Salah satu tempat wisata alam ini juga adalah tempat ngabuburit yang cukup favorit di Bandung. Sebab, dari Caringin Tilu ini Anda bisa mengagumi eksotisme Kota Bandung dari dataran tinggi.

Caringin Tilu letaknya di Cimenyan, Bandung Timur. Jaraknya hanya sekitar 5 KM dari Saung Angklung Mang Udjo.

Di Caringin Tilu, pengunjung yang ingin ngabuburit bisa bersantai sembari merasakan udara sejuk serta angin nan sepoi-sepoi. Lantas, bagaimana apabila ingin berbuka puasa? Di kawasan Caringin Tilu banyak saung-saung yang menjual makanan.

Pada malam hari, Caringin Tilu menawarkan pemandangan Kota Bandung yang sangat mempesona.

3. Jalan Dipatiukur

Alamat: Jl. Dipati Ukur, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
Kisaran Harga: Rp5.000-Rp35.000

Kawasan Jalan Dipatiukur merupakan salah satu jalan yang tidak pernah sepi. Selain dekat dengan berbagai kampus, Jalan Dipatiukur juga cukup dekat dengan spot rekreasi Gasibu. Tak heran, apabila jalan ini menjadi salah satu jalan tersibuk di kota Bandung.

Selain karena banyaknya hilir mudik kendaraan, Jalan Dipatiukur juga tempat banyak pedagang. Dari makanan hingga kebutuhan fashion bisa kamu temukan di kawasan ini, menjadikanya cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu menuju adzan magrib tiba. Anda bahkan bisa sekalian berbuka puasa di sini.

4. Taman Makam Pahlawan Cikutra

Alamat: Jalan Cikutra, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung
Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Jika ingin ngabuburit sambil mengenang bukti perjuangan kemerdekaan Indonesia, Taman Makam Pahlawan di kawasan Cikutra, dapat Anda sambangi.

Selain merupakan tempat dimana ribuan pahlawan kemerdekaan dimakamkan, taman ini juga adalah bentuk dedikasi pemerintah Indonesia terhadap para pahlawan perjuangan.

Anda bisa tahu nama-nama pahlawan yang dimakamkan di taman ini, sebut saja Prof. Dr. Moestopo., Dr. Danudirja Setiabudi dan masih banyak lagi. Selain makam, Anda juga akan disambut oleh dinding tinggi yang bertuliskan nama-nama pahlawan yang dimakamkan

5. Kawasan Lanud Husein

Alamat: Husen Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung
Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 – 19.00 WIB (Mengikuti Jam operasional Bandara)
Harga Tiket: Gratis

Menikmati pemandangan pesawat yang terbang maupun landing menarik untuk dilakukan dalam killing time ketika ngabuburit. Tentu saja, tempat yang paling cocok jadi spot untuk menyaksikan pemandangan itu adalah kawasan landasan udara.

Di Bandung, spot yang cukup populer bagi orang-orang yang suka menyaksikan pesawat yaitu Kawasan Lanud Husein. Bahkan, ketika menjelang sore di bulan puasa, kawasan ini bakal dipenuhi para pedagang kaki lima yang menjajakan takjil.

6. Teras Cikapundung dan Babakan Siliwangi

Alamat: Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Cidadap, Bandung.
Jam Operasional: Senin – Kamis (10.00-20.00 WIB), Sabtu – Minggu (06.00 – 20.00 WIB)
Harga Tiket: Gratis

Berada di Jalan Babakan Siliwangi Anda bisa mengunjungi dua tempat seru sekaligus untuk ngabuburit yakni Teras Cikapundung dan Babakan Siliwangi. Karena letaknya berdekatan, pastikan Anda mengunjungi keduanya. Dengan tiket masuk yang gratis, jangan heran apabila tempat ini ramai sekali dikunjungi.

Menawarkan suasana alam yang berada di tengah kota, kedua tempat itu cocok sekali untuk jalan-jalan santai melihat pemandangan serta berfoto berselfie ria. Apabila waktu sudah mendekati adzan maghrib, Anda pun bisa mencari menu buka puasa di sekitar jalan Cihampelas, Cipaganti, maupun Ciumbuleuit yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut