get app
inews
Aa Read Next : Smartfren Community Meriahkan Ramadan dan Lebaran 2024 dengan Program Santri Ngonten

Mengenang Kembali Mainan Tradisional Indonesia untuk Ngabuburit

Kamis, 28 Maret 2024 | 14:10 WIB
header img
Ilustrasi bermain. (Teuku Faza Rivaldi on Unsplash).

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern, saat bulan Ramadhan tiba, banyak dari kita merasa nostalgia akan momen-momen di masa kecil, termasuk saat bermain dengan mainan tradisional Indonesia. 

Di samping menjalankan ibadah puasa, ngabuburit menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka. Mengapa tidak mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali tradisi ini dengan memainkan beberapa mainan tradisional Indonesia yang klasik? Berikut adalah beberapa ide permainan yang bisa dijadikan pilihan saat ngabuburit di bulan Ramadhan :

1. Gasing (Bebé)  

Gasing adalah salah satu mainan tradisional yang paling terkenal di Indonesia. Mengontrol gasing dengan memutar tali dan melemparkannya ke arena menjadi tantangan yang menyenangkan. Anda dapat mengadakan turnamen gasing di lingkungan Anda, atau bahkan membuat arena gasing mini di halaman rumah.

2. Congklak  

Congklak adalah permainan papan tradisional yang populer di Indonesia. Dengan menggunakan papan congklak dan biji-bijian sebagai "kelereng", Anda bisa bermain dengan teman atau keluarga. Berkompetisi dalam mengambil biji-bijian dari lubang satu ke lubang lainnya akan membawa keseruan yang tak terlupakan.

3. Egrang  

Egrang adalah permainan yang membutuhkan keseimbangan yang baik. Dengan mengikat bambu ke bawah sepatu, Anda dapat berjalan di atas tiang yang juga terbuat dari bambu. Tantang teman-teman Anda untuk berlomba dalam menyeimbangkan diri di atas egrang. Pastikan untuk berhati-hati agar tidak jatuh!

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut