get app
inews
Aa Read Next : Tips Membersihkan Rumah Setelah Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H

Mesti Diperbaiki, Ruas Jalan Tol Cisumdawu Alami Kendala Jelang Mudik Lebaran 2023

Jum'at, 14 April 2023 | 21:13 WIB
header img
Tol Cisumdawu. Foto: Twitter/@KemenPU

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo menyatakan, terdapat sejumlah kendala teknis di ruas jalan Tol Cisumdawu mulai dari Km 186 hingga Km 216.

Ibrahim Tompo menyebut, pada awalnya jalur tersebut ditargetkan bisa dilalui oleh masyarakat saat mudik lebaran 2023 ini. Namun, H-8 jelang lebaran ruas jalan tersebut mesti diperbaiki.

"Kemarin diperkirakan jalur tol ini bisa digunakan untuk arus mudik, tetapi masih ada beberapa kendala teknis yang sekarang sedang dipersiapkan untuk diselesaikan Kementerian PUPR," kata Kombes Ibrahim Tompo, Jumat (14/4/2023).

Ibrahim Tompo berharap, perbaikan ruas jalan Tol Cisumdawu itu dapat rampung dalam waktu dekat ini.

"Sehingga ruas jalan itu dapat digunakan oleh para pemudik," ujarnya.

Selain menyiapkan fasilitas jalan agar layak dilalui, kata Ibrahim Tompo, pihaknya juga menyiapkan cara bertindak guna mengantisipasi kemacetan yang kemungkinan akan timbul di jalur pertemuan dari arah jalan arteri menuju Tol Cipali.

"Memang itu juga kita mempersiapkan alternatif jalan, karena beberapa penggalnya jalur keluar masuknya itu mempunyai dampak, di mana terjadi kemacetan mungkin," katanya.

"Tapi Kapolres sudah menyiapkan alternatif tersebut apabila terjadi kepadatan di wilayah tersebut," tambahnya.

Meski begitu, cara bertindak berupa pengaturan rekayasa lalu lintas yang disiapkan bakal disesuaikan dengan situasi di lapangan. 

"Memang tidak digunakan secara stabil karena menyesuaikan kondisi kepadatan arus lalu lintas, dengan harapan tidak terjadi stuck pada arus mudik masyarakat yang menggunakan arus tersebut," tuturnya..

Sebelumnya, Tol Cisumdawu Kilometer 186 hingga Kilometer 216 baru akan difungsikan khusus mudik lebaran. Diketahui, belakangan ini ruas jalan di Tol Cisumdawu yang difungsikan baru hanya sampai Kilometer 186.

"Pada saat perayaan arus mudik tahun ini maupun arus balik, akan memfungsionalkan sisa ruas tol lanjutannya mulai dari 186 sampai dengan 216 di Tol Gate Ujung Jaya Utama," kata Dirlantas Polda Jabar, Kombes Wibowo, di Mapolda Jabar pada Rabu (12/4/2023).

Nantinya, sejak Kilometer 186 akan diberlakukan sistem satu arah arah atau one way di jalur A hingga Kilometer 216. Sementara itu, jalur B belum akan difungsikan untuk digunakan oleh para pemudik.

"Jadi masyarakat dari Bandung, bisa berjalan dua arah sampai dengan Cimalaka, dari Cimalaka dia sudah mulai menggunakan jalur A dan one way ke arah Cipali pada saat mudik, satu lajur," imbuhnya.

Dikatakan Wibowo, ruas jalan itu baru difungsikan pukul 06.00 WIB hingga 15.00 WIB sejak tanggal 15 April. Pembatasan waktu diberlakukan oleh polisi karena fasilitas pendukung seperti penerangan di ruas jalan tersebut belum cukup baik dan rawan bagi pengguna jalan apabila dilontas pada malam hari.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut