get app
inews
Aa Read Next : Upayakan Panen Padi Empat Kali Setahun, Bupati Bandung Harap Ketersediaan Pangan Meningkat

Hasilkan Data Akurat Pupuk Subsidi, Wagub Uu Dukung Sensus Pertanian

Rabu, 17 Mei 2023 | 14:27 WIB
header img
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Foto: Dok Humas Pemprov Jabar

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menilai, data penerima pupuk terutama subsidi masih memerlukan perbaikan di sejumlah daerah di Jabar. Bahkan, tak sedikit petani yang mengeluhkan kelangkaan pupuk.

Karena tu, Wagub Uu pun sepakat dengan langkah Presiden Joko Widodo untuk merancang Sensus Pertanian Tahun 2023 agar bisa mendapatkan data petani yang tepat dan akurat.

"Tapi kenyataannya bukan pupuk langka, melainkan data petani yang butuh perbaikan. Terutama tentang akurasinya. Data akurat penting untuk kebijakan pemerintah," kata Wagub Uu dalam keterangan resminya, Selasa (16/5/2023).

Menurut Wagub Uu, akurasi data petani sangat penting karena nantinya akan berpengaruh pada pembuatan kebijakan tentang pertanian. Terlebih, di Jawa Barat yang merupakan salah daerah lumbung padi secara nasional.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2018, jumlah petani di Jawa Barat mencapai 3.250.825 orang. Sementara luas sawahnya mencapai 928.218 hektare berdasarkan Keputusan Menteri Agraria dan Tata Ruang dengan nomor Kepmen: ATR/KBPN No 686/2019.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut