get app
inews
Aa Read Next : Upayakan Panen Padi Empat Kali Setahun, Bupati Bandung Harap Ketersediaan Pangan Meningkat

Hasilkan Data Akurat Pupuk Subsidi, Wagub Uu Dukung Sensus Pertanian

Rabu, 17 Mei 2023 | 14:27 WIB
header img
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Foto: Dok Humas Pemprov Jabar

Selain itu, Pupuk Indonesia juga bekerja sama dengan Bank Syariah indonesia (BSI) mengujicobakan Kartuntani Digital di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh sejak bulan Januari 2023.

Menurutnya, kerjasama yang telah ditandatangani ini berdampak positif baik pada proses penyaluran maupun penebusan pupuk. 

Aplikasi REKAN dapat dimanfaatkan mitra Kios Pupuk Lengkap (KPL) pada proses penebusan pupuk secara elektronik dari sebelumnya manual. Sehingga, implementasi aplikasi REKAN turut mendukung perbaikan data serta tata kelola sektor pertanian.

"Pengembangan sistem digitalisasi pertanian ini kita lakukan juga bersama dengan Kementerian Pertanian sehingga mendukung penyaluran pupuk bersubsidi sesuai alokasi Pemerintah dan prinsip 6T yaitu, tepat mutu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat harga, tepat waktu dan tepat tempat," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengeluhkan soal data pertanian di Indonesia, terutama terkait dengan ketepatan data. Sementara data yang akurang membimbing pemerintah membuat kebijakan yang tepat bagi masyarakat.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut