get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Catat Ratusan Jiwa Terdampak Banjir di Jabar Sepanjang 2024

Antisipasi El Nino, BI Jabar Sarankan Langkah Ini

Rabu, 17 Mei 2023 | 17:13 WIB
header img
Bank Indonesia (BI) Wilayah Jabar menyarankan daerah di Jabar melakukan sejumlah hal antisipasi El Nino. Foto ilustrasi: Pixabay

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Cuaca ekstrem El Nino mulai jadi perhatian berbagai pihak di Jawa Barat (Jabar). Pasalnya, El Nino jika terjadi bakal mempengaruhi produksi dan panen.

Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Jabar, Kibti Hartiyanti mengatakan, jangka pendek yang bisa dilakukan untuk menghadapi El Nino adalah dengan membuat bendungan sementara.

Lalu melakukan gerakan hemat air lewat gilir giring, mengaktifkan perbaikan saluran irigasi yang rusak, dan mendorong pengadaan benih tanaman yang tahan dengan musim kemarau.

"Untuk jangka panjangnya yaitu menginventarisasi daerah-daerah yang rawan kekeringan. Kemudian perbaikan jaringan irigasi di tingkat usaha tani dan penataan pola usaha tani terpadu,” kata Kibti, Rabu (17/5/2023).

Selain itu, lanjut dia, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada 2023 itu bisa mencapai 2,6 persen. Triwulan pertama 2023 ini saja tumbuh 5 persen.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut