get app
inews
Aa Read Next : Beli Hewan Kurban, Masyarakat Cimahi Diimbau Pilih yang Dilabeli Kalung Sehat

Sejumlah Produk IKM di Cimahi Punya Potensi Ekspor, Termasuk Cacing

Kamis, 25 Mei 2023 | 13:01 WIB
header img
Cacing asal Cimahi sudah diekspor ke luar negeri. Foto ilustras: bakeryandsnacks

CIMAHI, iNewsBandungRaya.id - Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Cimahi memiliki potensi untuk mengekspor produknya. Bahkan beberapa di antaranya sudah berjalan, salah satunya cacing.

Hal ini terungkap saat Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi melakukan pembinaan dan pengembangan usaha produk ekspor kepada puluhan pelaku IKM di wilayahnya.

"Potensi ekspor IKM Kota Cimahi cukup bagus, yang sudah ekspor baju-baju muslim, makanan, beras Ajib, bahkan cacing juga ikut di ekspor," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Disdagkoperin Kota Cimahi, Sri Wahyuni seperti dikutip, Kamis (25/5/2023).

Menurut Yuni, para pelaku IKM yang sudah menjajaki pasar ekspor ini biasanya menggunakan jasa titipan (jastip). Pada umumnya IKM yang ekspor produknya masih menggunakan Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Sebaiknya harus yang berbadan usaha CV atau PT, dan ada beberapa berkas yang harus dilengkapi. Namun dengan didampingi Bea Cukai semoga lebih mudah prosesnya, intinya harus ada yang gool bisa ekspor," ujarnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut