get app
inews
Aa Read Next : Peringati HPN Bareng PWI KBB, Pj Bupati Sebut Insan Pers Berkontribusi Positif bagi Pemda

Gelar Festival Olahraga Tradisional, Hengki Ingin Anak Tak Kecanduan Gadget

Selasa, 27 Juni 2023 | 16:11 WIB
header img
Pemda KBB bersama KORMI menggelar Festival Olahraga Tradisional yang digelar di Lapang Sepakbola Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Selasa (27/6/2023). Foto/Dok.Humas

BANDUNG BARAT,INEWSBANDUNGRAYA.ID - Olahraga permainan tradisional harus terus digalakkan sebagai upaya pelestarian budaya leluhur dan untuk menghindari ketergantungan anak pada gadget.

Sebagai upaya itu, Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) bersama Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) menggelar Festival Olahraga Tradisional yang digelar di Lapang Sepakbola Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Selasa (27/6/2023).

Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengatakan bahwa olahraga atau permainan tradisional yang berada dibawah naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), merupakan permainan rakyat yang sudah menjadi bagian dari budaya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Untuk itu olahraga tradisional sepatutnya untuk dilestarikan. Sebagai upaya untuk meminimalisir penggunaan gadget dikalangan anak-anak yang dapat berdampak negatif bagi pertumbuhan fisik dan psikologis.

"Olahraga tradisional sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis. Karena selain mengandalkan kemampuan fisik, berbagai permainan tradisional juga sangat menyenangkan untuk dimainkan," ucapnya.

Kondisi itu akan berdampak pada tingkat kebahagian para pelakunya, sehingga dalam jangka panjang akan sangat berdampak pada metabolisme tubuh jika dibanding dengan bermain gadget sepanjang hari.

Hengki menjelaskan, pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga selalu menggelar event rutin olahraga tradisional dalam rangka memupuk semangat para atletnya. Agar dapat memberikan kontribusi terbaiknya dalam mengharumkan nama Kabupaten Bandung Barat.

Bagi para atlet yang akan bertanding dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (Pornas) olahraga tradisional, Hengki meminta seluruh atlet Bandung Barat untuk selalu semangat agar dapat menyumbangkan prestasi terbaiknya.

"Kami akan memberikan dukungan penuh bagi para atlet yang akan bertanding pada Pornas. Karena seluruh atlet dari Bandung Barat akan menjadi kontingen Provinsi Jawa Barat. Mari kita berikan kontribusi terbaik untuk Bandung Barat dan Jawa Barat," sebutnya.

Pada Festival Olahraga Tradisional kali ini, Hengki berkesempatan untuk memainkan beberapa permainan tradisional yang dipertandingkan. Seperti permainan sumpit dan engrang yang membangkitkan kembali kenangan masa lalunya ketika menjalani masa kecil di kampung halaman.

"Festival ini juga membangkitkan kembali kenangan masa lalu sewaktu saya menjalani masa kanak-kanak dikampung halaman," pungkasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut