get app
inews
Aa Read Next : Perangi Stunting, Asupan Gizi Masyarakat Harus Ditingkatkan

Momentum Harganas, Hengki Dorong Ciptakan Keluarga Sejahtera Lewat Program KB

Rabu, 28 Juni 2023 | 19:23 WIB
header img
Bupati Bandung Barat Hengki Kurninawan. Foto/Dok.Inews.id

BANDUNG BARAT,INEWSBANDUNGRAYA.ID - Bupati Bandung Barat Hengki Kurninawan mengajak masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk bersama-sama menyukseskan program Keluarga Berencana (KB). Salah satunya, melalui pengendalian jumlah penduduk dengan program layanan KB.

“Menciptakan keluarga sejahtera sangat penting dan itu harus didukung pola perencanaan yang baik jumlah keluarga. Insyaallah dengan begitu, menciptakan keluarga sejahtera dan berkualitas semakin mudah,” ucapnya, Rabu (28/6/2023).

Hengki mengatakan, momentum peringatan Hari Keluaraga Nasional (Harganas) tahun ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk memberikan edukasi tentang pentingnya pengendalian kependudukan, ketahanan keluarga dan peningkatan pada Sumber Daya Manusia (SDM).

Dibutuhkan sinergitas pentahelix yakni, pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media agar bisa bersatu dalam menyukseskan program-program untuk kepentingan masyarakat di KBB.

“Semangat gotong royong juga penting dalam menyukseskan program yang sebelumnya sudah digagas. Oleh karena itu, mari kita bersinergi, termasuk pada penerapan program KB kepada masyarakat," tuturnya.

Dirinya berharap semua bergerak bersama-sama mengedukasi masyarakat dalam menciptakan keluarga sejahtera. Melalui program di Dinas Pengendalian Pependuduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) KBB.

Di antaranya melalui program Kampung KB dan pelayanan metode alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Kemudian program untuk menekan angka stunting dan sejauh ini, program itu berjalan dengan baik. Pada tahun 2013, angka stunting mencapai 52,55 persen dan tahun 2022 jumlahnya terus menurun tinggal 27,30 persen.

“Alhamdulillah, sejauh ini program yang berkaitan dengan KB sudah berhasil dan kita juga beberapa kali meraih penghargaan dari pusat. Tahun depan target kita adalah tidak ada lagi kasus stunting baru di KBB," pungkasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut