get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips untuk Kembali Adaptasi ke Rutinitas Kerja Pasca-Libur Lebaran

Kiat Sukses Kuliah, 10 Hal Penting Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru

Kamis, 06 Juli 2023 | 10:57 WIB
header img
Mahasiswa baru. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

8. Belajar bersama teman

Untuk memperluas wawasan sekaligus menambah teman, kamu bisa mengajak teman-temanmu di kampus untuk belajar bersama. Misalnya, ada materi sulit yang kamu pelajari di minggu ini, coba saja ajak teman-teman sekelasmu untuk belajar bersama sambil berdiskusi.

Kamu bisa mengajak mereka belajar bersama di perpustakaan, atau mungkin di café sambil nongkrong. Kamu bisa juga mengajak teman-temanmu membuat janji dengan asdos untuk meminta bimbingan terkait materi yang ingin dipelajari.

Biasanya, asdos lebih senang membimbing mahasiswa dengan jumlah banyak sekaligus daripada harus membimbing satu per satu. Tapi, hal ini juga tergantung dari masing-masing asdos, ya. Coba saja tanyakan kembali kepada asdos yang ada di kampusmu.

9. Perluas wawasan terkait jurusan yang kamu ambil

Di tahun pertama kuliah, biasanya materi yang akan kamu pelajari tidak akan sekompleks materi di tahun-tahun berikutnya. Tapi, meskipun begitu, nggak ada salahnya lho, kalau kamu mau memulai belajar dan memperluas wawasanmu tentang materi pada jurusan kuliah yang kamu ambil sejak tahun pertama.

Kamu bisa memperluas wawasanmu dengan membaca buku atau menonton video-video belajar yang ada di internet. Dengan belajar, tentunya akan mempermudah kamu memahami materi kuliah terlebih dahulu sebelum kamu mempelajarinya di kelas.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut