get app
inews
Aa Read Next : Ditinggal Cuci Piring, Api dari Panggangan Ayam Bakar Hanguskan Warung Nasi Padang di Bandung

Hanguskan 144 Hektare Lahan, Erwan Setiawan Enggan Ada Lagi Kebakaran di Gunung Tampomas

Kamis, 06 Juli 2023 | 12:06 WIB
header img
Gunung Tampomas yang terbakar pada 2019. Foto: iNews/Beben

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan sudah mewanti-wanti semua pihak terkait El Nino yang melanda. Sebab Sumedang pernah mengalami kebakaran hebat di kawan hutan Gunung Tampomas pada 2019.

Erwan mengatakan, antisipasi di musim rawan bencana perlu dilakukan. Mengingat kebakaran hebat Gunung Tampomas yang masuk kawasan Kecamatan Cimalaka membuatnya sampai mengelus dada.

"Kami ingatkan bencana setiap saat mengintai. Jangan sampai kebakaran hutan di Gunung Tampomas Tahun 2019 terulang kembali," kata Erwan saat menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dan Pelatihan Tanggap Bencana Tahun 2023 yang digelar Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Cimalaka di Bumi Perkemahan Palang Merah Indonesia, Sumedang, Rabu (5/7/2023).

Orang nomor dua di Sumedang itu lantas menceritkan peristiwa kebakaran di Gunung Tampomas 4 tahun silam. Menurutnya, kebakaran berlangsung lima hadir lantaran sulit dipadamkan.

"Baru bisa padam setelah lima hari dan itu menghanguskan 144 hektare lahan hutan dan efeknya hutan jadi gundul," ungkap Erwan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut