get app
inews
Aa Read Next : BI Buka Lowongan Kerja Posisi PCPM, Ini Syarat dan Cara Daftarnya, Buruan Serbu!

Di Era Digitalisasi, Kemnaker Prediksi Jenis Pekerjaan Ini yang Banyak Dicari Orang

Kamis, 06 Juli 2023 | 18:30 WIB
header img
Ilustrasi lowongan kerja. Foto: Dok iNews.id

JAKARTA, iNews.id - Perkembangan digitalisasi telah menyebabkan hampir semua aspek kehidupan manusia menjadi terdigitalisasi. Dampaknya, beberapa jenis pekerjaan akan mengalami peningkatan atau penurunan permintaan.

Anwar Sanusi, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), menjelaskan bahwa era digitalisasi telah mengubah kebutuhan tenaga kerja di perusahaan. Pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual dapat digantikan oleh teknologi.

"Ilmu digitalisasi telah mengubah pola pekerjaan dari cara manual menjadi cara berbasis digital," katanya dalam pernyataannya pada hari Rabu, 5 Juni 2023.

Dia menjelaskan bahwa dampak digitalisasi akan menyebabkan peningkatan permintaan pada beberapa jenis pekerjaan dan penurunan permintaan pada jenis pekerjaan lainnya.

Berdasarkan survei, diperkirakan bahwa setidaknya puluhan juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2030 mendatang.

Dia menyebutkan bahwa permintaan akan meningkat pada pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi digital, seperti analis dan ilmuwan data, spesialis big data, kecerdasan buatan dan spesialis pembelajaran mesin, pemasaran digital, serta arsitek basis data.

Sementara itu, permintaan akan menurun pada pekerjaan yang bersifat klerikal dan rutin, seperti kasir, sekretaris, entri data, dan teller. Hal ini disebabkan karena pekerjaan-pekerjaan tersebut cenderung dapat digantikan oleh mesin.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut