get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Optimistis Upacara HUT ke-79 RI di IKN: Persiapan Hampir Final

5 Kuliner Khas Nusantara yang Sering Disajikan Saat Perayaan HUT Kemerdekaan RI

Jum'at, 14 Juli 2023 | 10:45 WIB
header img
Tumpeng Merah Putih. (Foto: Cookpad)

Kemudian untuk lauk pauknya pun hampir sama. Disantap bersama di momen yang sangat bersejarah itu.

2. Bubur Merah Putih

Saat 17 Agustusan, sebagian rumah-rumah akan menyediakan bubur merah putih sebagai makanan spesialnya. Di mana rasanya cenderung manis dan juga gurih.

Warna merah yang dihasilkan dari bubur ini, yaitu berasal dari gula merah. Sementara warna putihnya, terbuat dari santan kelapa yang dikentalkan.

Selain rasanya enak, bubur merah putih ini juga cukup mengenyangkan lho. Apalagi dijadikan menu sarapan di pagi hari, sebelum upacara kemerdekaan.

3. Klepon

Selanjutnya adalah klepon, jajanan pasar atau masuk kue tradisional ini juga jadi kuliner khas saat HUT Kemerdekaan RI, lho.

Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

Jika biasanya klepon yang ditemui bewarna hijau, namun saat HUT Kemerdekaan RI warnanya akan berubah menjadi merah. Meski begitu, rasanya akan tetap sama dan enak.

4. Nasi Tiwul

Kemudian ada nasi tiwul, jadi kuliner khas 17 Agustus. Kudapan ini adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong.

Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya.

Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang dan sekarang tiwul dibuat jadi tiwul instan.

5. Telok Pindang

Telok pindang atau disebut juga telur pindang, merupakan salah satu kuliner yang mudah ditemukan di Palembang. Makanan satu ini adalah telur ayam yang direbus selama lima jam, dan dicampur dengan rempah-rempah.

Rempah-rempah yang digunakan seperti serai, garam, gula merah dan asam Jawa. Menyantap telok pindang di Hari Kemerdekaan, dipercaya sebagian orang dapat memberi pengalaman yang cukup mengesankan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut