get app
inews
Aa Read Next : Manfaatkan Teknologi Canggih, Perumda Tirtawening Komitmen Kurangi Kebocoran Air Fisik di Bandung

Atasi Kebocoran Air, Supra Indonesia dan Perumda Tirta Giri Nata Gandeng Perusahaan Korea

Kamis, 03 Agustus 2023 | 20:20 WIB
header img
PT Supra dan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon menjalin kerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (Koica) dan WI.Plat Co., Ltd. (Foto: Ist)

CIREBON, iNewsBandungRaya.id - PT Supra Internasional Indonesia (Supra) dan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon menjalin kerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (Koica) dan WI.Plat Co., Ltd dalam agenda pendeteksian kebocoran dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan pada Rabu (2/8/2023) di Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon sebagai langkah awal kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan air dan mengurangi kerugian air.

Program yang diinisiasi oleh Koica dengan nama Program CTS 2 ini menargetkan pendeteksian kebocoran air di Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon.

Direktur Utama Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon, Sopyan Satari mengatakan, bahwa saat ini pihaknya sedang berusaha keras dalam menurunkan NRW.

"Kami berharap bahwa program ini dapat meningkatkan kinerja dan penurunan NRW," ucap Sopyan.

Ketua Dewan Pengawas Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon, Sumanto mengatakan, bahwa penandatanganan MoU ini adalah suatu upaya yang akhirnya adalah meningkatkan pelayanan Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon.

"Saat ini angka NRW pada Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon ada di persentase yang cukup tinggi, dan Perumda terus berupaya menanganinya," ungkapnya.

Program CTS 2 akan melibatkan penerapan teknologi terkini yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi terkemuka dari Korea Selatan yang menawarkan solusi inovatif dalam pengelolaan air, WI.Plat Co., Ltd, dalam deteksi kebocoran air.

Selain itu, program ini juga mencakup pelatihan dan kapasitasi sumber daya manusia di Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon untuk meningkatkan kompetensi dalam mengelola dan mengatasi masalah kerugian air.

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah awal dari perjalanan panjang dalam penurunan NRW di Indonesia. Supra, Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon, Koica, dan WI.Plat berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama ini dengan tindak lanjut yang konkret dan melibatkan semua pihak terkait guna mencapai target penurunan NRW yang ditetapkan.

Program CTS 2 ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi upaya penurunan NRW di Indonesia secara menyeluruh dan menjadi pendorong pengelolaan air yang efisien dan berkelanjutan.

Berikut nama-nama Direksi dan Dewan Pengawas Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon: 

Sopyan Satari, SE, MM, 
Direktur Utama Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon

Agus Salim, SE, MM 
Direktur Umum

H. Suyanto, ST, MT 
Direktur Teknik

Drs. Sumanto
Ketua Dewan Pengawas Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon

Reza Mansyur, SE
Anggota Dewan Pengawas Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon

Ir. Rachim Ridwan
Anggota Dewan Pengawas Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut