get app
inews
Aa Read Next : Polisi Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa dalam Peristiwa Km 64 Tol Bocimi Ambles

Berjalan Sukses, Teknologi WI.Plat Temukan Lebih dari 40 Titik Kebocoran Pipa di Kota Sukabumi

Jum'at, 01 Juli 2022 | 16:18 WIB
header img
Teknologi WI.Plat Temukan Lebih dari 40 Titik Kebocoran Pipa di Kota Sukabumi. Foto: Ist

BANDUNG, iNews.id - Perusahaan startup yang memberikan solusi manajemen cerdas kebocoran air, WI.Plat berhasil melaksanakan pilot project "platform manajemen kebocoran air cerdas" di Sukabumi, Indonesia melalui Creative Technology Solution (CTS) Program yang diselenggarakan oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA).

WI.Plat bekerjasama dengan PT SUPRA Internasional Indonesia, memperkenalkan sistem manajemen kebocoran air bersama dengan PDAM Tirta Bumi Wibawa

Sebelumnya, WI.Plat telah menandatangani perjanjian dengan KOICA pada April 2021 dan telah membangun platform manajemen kebocoran cerdas untuk pengelolaan sumber daya air yang efisien di PDAM Tirta Bumi Wibawa, Sukabumi, Indonesia selama 15 bulan.

Selama periode proyek ini, WI.Plat menyelesaikan pengembangan teknologi lokalisasi untuk wilayah Sukabumi, dimana kebocoran air merupakan masalah serius, bersama dengan mitra lokal di Indonesia, PT SUPRA Internasional Indonesia dan melakukan kegiatan pengurangan kebocoran lokal seperti pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan penerapan platform manajemen kebocoran air dan pembangunan sistem untuk saluran air Sukabumi.

Melalui pilot project yang dilakukan, 40 titik kebocoran signifikan berhasil ditemukan dan diperbaiki di dua area pilot project. 

Melalui pilot project yang telah dilakukan di Sukabumi, proyek ini telah mencapai pengurangan kebocoran air sekitar 1.500 m3 per hari, yang cukup untuk memasok air keran tambahan ke lebih dari 3.000 warga Kota Sukabumi.

Sebagai penerima manfaat program ini, Direktur PDAM Tirta Bumi Wibawa Sukabumi, Ir Abdul Kholik Fajdawani sangat mengapresiasi penerapan teknologi inovatif di bidang pengelolaan sumber daya air melalui pilot project oleh WI.Plat.

Pada kesempatan yang bersamaan, Sanghoon-Cha, CEO WI.Plat mengatakan, bahwa WI.Plat berencana untuk melakukan program CTS ke-2 untuk melanjutkan pencapaian program CTS ke-1. Secara khusus, ketika perwakilan PDAM Tirta Bumi Wibawa Sukabumi dan PT SUPRA Internasional Indonesia mengunjungi Korea pada bulan Juni 2022.

"Delegasi mengunjungi kantor command center K-water yang baru, yang berfungsi sebagai ruang kontrol pasokan air dan Water Treatment Plan pabrik pemurnian air untuk membahas cara kerja sama khusus untuk bisnis di masa depan," katanya.

Adhi Pramudito S.T. M.T, selaku Direktur Utama PT SUPRA Internasional Indonesia mengatakan, bahwa hal ini menjadi awal dari rencana strategis untuk memperkenalkan bisnis Manajemen Kebocoran Air Cerdas ke pasar Indonesia.

Teknologi IoT, kecerdasan buatan dan teknologi cloud. Selain itu, rencana lebih lanjut Wi.Plat, SUPRA dan K-water secara aktif berupaya memasuki dan memperluas pasar Indonesia dengan berpartisipasi dalam proyek percontohan pengelolaan smartwater dan NRW Management di Kota Denpasar, Bali, Indonesia.***

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut