get app
inews
Aa Read Next : Apel Siaga Brigade Alsintan, Pangdam Siliwangi: Tingkatkan Luas Tanam dan Produksi Pertanian

6 Pangkostrad Pernah Jabat Pangdam Siliwangi, Ada yang Melesat Jadi Kepala Staf Angkatan Darat

Senin, 07 Agustus 2023 | 13:25 WIB
header img
Jenderal TNI George Toisutta dan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo pernah menjabat sebagai Pangdam Siliwangi. Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) adalah salah satu jabatan strategis yang menjadi impian para perwira tinggi (Pati) TNI AD.

Jabatan ini merupakan puncak karier bagi Panglima Komando Daerah Militer (Kodam), karena mereka naik pangkat otomatis menjadi jenderal bintang tiga atau Letnan Jenderal.

Beberapa Pati TNI AD telah mengawali karier militer mereka sebagai Pangdam Siliwangi sebelum kemudian dipromosikan menjadi Pangkostrad.

Dari 43 jenderal bintang tiga yang menjabat sebagai Pangkostrad, 6 di antaranya sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Siliwangi.

Dari keenam Pangkostrad yang juga pernah menjabat Pangdam Siliwangi, beberapa di antaranya memiliki karier yang gemilang dan bahkan ada yang mencapai posisi tertinggi dalam TNI AD.

Berikut daftar Pangkostrad yang pernah menjabat Pangdam Siliwangi:

1. Letjen TNI Raden Himawan Soetanto

Raden Himawan Soetanto merupakan Pangdam Siliwangi pertama yang kemudian menjabat sebagai Pangkostrad. Ia mengemban jabatan Pangkostrad pada tahun 1974-1975, setelah sebelumnya menjadi Pangdam Siliwangi dengan pangkat Mayjen.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut