get app
inews
Aa Read Next : Nekat Parkir Sembarangan, 5 Mobil Digembok Petugas Gabungan di Cimahi

Lindungi Bayi dari Diare, Dinkes Cimahi Bakal Imunisasi Rotavirus Gratis

Rabu, 09 Agustus 2023 | 20:20 WIB
header img
Bayi di Cimahi akan mendapatkan imunisasi Rotavirus untuk mencegah diare. Foto: Istimewa

CIMAHI, iNewsBandungRaya.id - Perlindungan pada bayi dan balita serius dilakukan oleh Pemkot Cimahi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes). Ribuan bayi ditargetkan untuk mendapatkan vaksin Rotavirus secara gratis pada tahun ini

Pemberian Introduksi Rotavirus (RV) pada bayi dan balita penting dilakukan untuk mencegah diare. Sebab diare adalah penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan di dunia dan di Indonesia.

Bahkan diare menjadi penyumbang kematian nomor dua terbesar setelah pneumonia pada bayi dan balita. Oleh karenanya, Imunisasi RV akan diberikan mulai 15 Agustus 2023 secara serentak di seluruh puskesmas di Kota Cimahi.

Imunisasi RV diberikan secara oral dengan dosis 0,5 ml (5 tetes) sebanyak 3 dosis pada bayi usia 2, 3 dan 4 bulan dengan interval minimal 4 minggu. Imunisasi RV, dosis terakhir diberikan pada bayi usia 6 bulan 29 hari.

Pencapaian target Imunisasi RV sekurang-kurangnya 90 persen merata di seluruh kelurahan. Berdasarkan data estimasi sasaran 100% di seluruh Kota Cimahi sebanyak 9.718 bayi/tahun atau 729 bayi/bulan (target 90%).

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut