get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Kolaborasi, Kunci RK Bangun Jabar Juara Bareng Kabupaten/Kota

Kamis, 10 Agustus 2023 | 20:40 WIB
header img
Kepala Bappeda Jabar, Iendra Sofyan saat Diskusi Gaspol Edisi XIII di The Papandayan, Kota Bandung. Foto: PWI Pokja Gedung Sate

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (RK-Uu) memiliki kunci keberhasilan dalam mewujudkan visi Jabar Juara. Kunci yang dimaksud adalah kolaborasi dengan kabupaten/kota.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Iendra Sofyan mengatakan, Ridwan Kamil tidak ada sedikit pun ingin membuat jarak dengan 27 kabupaten/kota. Justeru sebaliknya, sejak awal orang nomor satu di Jabar itu selalu berusaha merangkul dalam membangun Jabar lewat konsep kolaborasi.

"Kami selalu mencoba mix and match antar sudut pandang. Sudut pandang yang digunakan adalah administrasi. Kita berusaha membuat guyub dengan bupati/wali kota," kata Iendra saat Diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) Edisi XIII bertajuk "5 Tahun Jabar Juara: Terasa dan Nyata" di The Papandayan, Jalan Gatot Subroto No. 83, Kota Bandung, Kamis (10/8/2023).

Menurut Iendra, bukan hanya ketika dekat kabupaten/kota meminta program atau bantuan lebih dari provinsi, ketika tidak guyub pun daerah selalu meminta lebih untuk membangun wilayahnya.

Dengan pola yang dilakukan Ridwan Kamil, kata Iendra, tampak kepala daerah guyub dengan provinsi. Berbagai program bisa berjalan di tengah adanya keterbatasan anggaran di provinsi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut