get app
inews
Aa Read Next : Kota Bandung Pecahkan Rekor Permainan Angklung Nonstop Terlama di Indonesia

Torehan Gemilang, Saung Udjo di Balik Rekor Dunia Bermain Angklung Terbanyak

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 10:33 WIB
header img
Sebanyak 15.110 peserta bersama-sama memainkan alunan harmonisasi angklung dalam sebuah arrangement indah khas Saung Angklung Udjo di Stadion GBK Jakarta beberapa waktu lalu. (Foto:Istimewa).

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Sebanyak 15.110 peserta bersama-sama memainkan alunan harmonisasi angklung dalam sebuah arrangement indah khas Saung Angklung Udjo pada lagu Berkibarlah Benderaku dan Wind of Change (medley) di Gelora Bung Karno Stadium.

Acara yang diselenggarakan oleh OASE-KIM ini mampu memecahkan rekor dunia baru bermain angklung terbanyak. Pertunjukan angklung massal ini diinisiasi langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo sebagai salah satu rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Pimpinan Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo (Kang Opik) mengungkapkan GWR ini bukan sekedar acara ceremonial, namun rangkaian kegiatan GWR telah mampu hidup dan menghidupi.

Menurutnya, Saung Angklung Udjo memiliki peran yang cukup tinggi dibawah arahan Direktur PMM Kemendikbud Ristek Bapak Ahmad Mahendra.

"Peran Saung Angklung Udjo adalah sebagai konseptor yang menyajikan permainan angklung dengan kategori yang memiliki tingkat keharmonisan yang tinggi secara musikalitas tanpa membebani peserta pelatihan yang sebagian besar bukan pemain angklung terlatih," katanya, Jumat (11/8/2023).

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut