get app
inews
Aa Read Next : Kota Bandung Pecahkan Rekor Permainan Angklung Nonstop Terlama di Indonesia

Torehan Gemilang, Saung Udjo di Balik Rekor Dunia Bermain Angklung Terbanyak

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 10:33 WIB
header img
Sebanyak 15.110 peserta bersama-sama memainkan alunan harmonisasi angklung dalam sebuah arrangement indah khas Saung Angklung Udjo di Stadion GBK Jakarta beberapa waktu lalu. (Foto:Istimewa).

Saung Angklung Udjo bersama para mitra pengrajin diminta Kemendikbud Ristek untuk menyiapkan 20.000 lebih angklung yang dibagikan kepada peserta dan ini menjadi kegiatan yang mampu menghidupkan lagi Ekosistem Angklung sehingga para petani bamboo hingga puluhan pengrajin angklung dapat menunjukan eksistensinya kembali setelah serangan panjang Covid 19 yang  mereka harus kehilangan mata pencahariannya.

Selain Itu, Saung Angklung Udjo juga berperan sebagai tim pelatih yang melatih seluruh peserta dibantu dengan lebih dari 100 orang guru music, guru music angklung dan praktisi dari komunitas angklung lainnya yang diposisikan menjadi SPV (supervisor).

Dengan adanya proses pelatihan selama 3 bulan ini jelas akan membangun kecintaan para peserta terhadap angklung, serta memberdayakan para guru music serta pelatih angklung agar semakin terlatih dan ter-upgrade. Untuk kemudian diharapkan mampu menjadi pelatih angklung di lingkungannya.

Kang Opik juga berharap para peserta ini secara tidak langsung merasakan bagaimana bentuk toleransi kedisiplinan dan beberapa manfaat lain. Serta muncul dampak berkelanjutan setelah salah satunya yaitu agar Budaya Indonesia dapat dipromosikan secara Global khususnya agar angklung sebagai warisan budaya khas Indonesia dapat terus lestari dan mencuri perhatian di seluruh dunia.

"Untuk terlaksananya kegiatan mulia ini kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo, OASE-KIM dibawah kepemimpinan Ibu Tri Tito Karnavian, Ibu Franka Makarim, Bapak Nadiem Makarim, Kemendikbud Ristek, Direktorat Perfilman Musik dan Media, dan para sponsor (Pertamina, Telkom Indonesia, Mind id, BNI, BRI, Mandiri, RANS Entertainment, Pupuk Indonesia, SIG, Astra, Kopi Gajah, Adaro, PLN, Le Minerale)," tutupnya.(*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut