get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Ridwan Kamil Pernah Rasakan Sentuhan 11 Pangdam III/Siliwangi Sejak Wali Kota

Selasa, 22 Agustus 2023 | 20:06 WIB
header img
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat lepas sambut Pangdam III/Siliwangi di Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan sedikit kebahagian dan keterikatan batinnya dengan Kodam III/Siliwangi. Kedekatan yang dibangun Ridwan Kamil sudah dibangun sejak zaman sebagai Wali Kota Bandung.

Kedekatan yang dibangun itu tak terasa akan segera berakhir. Sebab dirinya akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Jabar.

"Izin sekadar memori. Saya 10 tahun (sejak Wali Kota sampai Gubernur), 11 pangdam yang saya telah bersama," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat lepas sambut Pangdam III/Siliwangi dari Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo ke Mayjen TNI Erwin Djatniko di Graha Manggala Siliwangi, Selasa (22/8/2023).

Kang Emil menjelaskan, berbeda dengan Pangdam, jabatan dirinya tidak bisa sebanyak itu berganti. Sebab secara pakem, pergantian tampuk kepemimpinan berlangsung dalam 5 tahun sekali.

"Kalau saya gak diganti-ganti, tiap 5 tahun. Oleh karena itu selamat datang untuk jenderal Erwin Djatniko dan selamat jalan untuk Pak Kunto," ucap Kang Emil.

Menurut Kang Emil, keberhasilannya dalam memimpin Kota Bandung tak lepas dari peran Kodam III/Siliwangi. Ratusan penghargaan didapatnya sejak era Wali Kota Bandung hingga Gubernur Jabar.

Di sisi lain, Kang Emil juga sangat ingat apa yang telah dilakukan Mayjen Kunto di Jabar dan Banten. Sebagai Pangdam, Kunto telah menorehkan tinta emas di Kodam III/Siliwangi.

"Beliau adalah jenderal yang sangat inovatif. Beliau adalah jenderal pemikir, yang begitu lurus dengan kejernihan dalam mengambil sikap dan pikiran-pikirannya," kenang Kang Emil.

Di tempat yang sama, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen Erwin berharap, dirinya bisa mengemban amanah di Kodam III/Siliwangi dengan baik. Apalagi dalam waktu dekat akan menghadapi tahun politik.

"Apa yang diamanahkan kepada saya bisa aman, lancar dan sukses terutama dalam rangka menghadapi tahun politik di tahun 2023 ini sudah berjalan," kata Erwin.

Erwin berharap, apa yang sudah dibangun Pangdam sebelumnya dengan Pemprov Jabar dapat dilanjutkan. Sehingga kebersamaan yang telah berjalan bisa lebih baik.

"Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan ini, sinergitas, soliditas, keharmonisan, solidaritas dan toleransi di antara kita semua bisa dilanjutkan," tandasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut