get app
inews
Aa Read Next : Jalan Simpang Gedebage Selatan Menuju Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Difungsikan

Modal Rp1 Juta, UMKM Lokal Bandung Mendunia Lewat Ekspor Shopee

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 18:46 WIB
header img
Wendi Paisal, pemilik toko online Indah Fashion 26 yang berhasil ekspor ke Malaysia dan Singapura. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kerja keras tak akan mengkhianati hasil. Ungkapan ini tepat disematkan kepada Wendi Paisal, UMKM lokal asal Bandung yang bisa merambah pasar internasional lewat program Ekspor Shopee.

Pemilik toko online Indah Fashion 26 itu menjadi bukti nyata bahwa digitalisasi efektif dalam mengembangkan bisnis. Padahal awalnya, Wendi berjualan dengan modal seadanya.

Pria asal Buah Batu, Bandung ini mengaku menjual produk fesyen wanita dan berhasil mendapatkan omzet ratusan juta. Selain itu, Wendi juga memberdayakan puluhan warga di sekitar rumahnya, untuk memproduksi sweater dan pakaian rajut yang berhasil diekspor hingga Singapura dan Malaysia.

Dulunya, Wendi merupakan supplier pakaian rajut. Sayangnya, usaha tersebut tidak menguntungkan karena persaingan harga yang terlalu ketat. Wendi tidak bisa bersaing dengan para reseller lainnya hingga omzetnya turun drastis.

Merasa kesulitan, Wendi memutuskan untuk menjual produknya sendiri. Bermodalkan keyakinan dan uang sebesar Rp1 juta dari hasil menggadaikan perhiasan emas sang istri, pria asal Bandung ini mendirikan toko bernama Indah Fashion 26 di Shopee.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut