get app
inews
Aa Read Next : 276 Ribu Hektare Lahan Terbakar, Menteri LHK Prediksi Masih Akan Bertambah

Antisipasi El Nino, Pemkab Sumedang Siapkan Pengalihan Saluran Irigasi

Selasa, 05 September 2023 | 13:30 WIB
header img
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir saat menggelar rapat koordinasi (Rakor) Forkopimda 2023 yang digelar di Gedung Negara. (Foto: sumedangkab.go.id)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang berencana akan melakukan rekayasa pengalihan saluran irigasi dalam mengantisipasi fenomena El Nino yang akan berdampak pada kemarau panjang serta kekurangan air di sektor pertanian maupun air bersih.

Begitu disampaikan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir saat menggelar rapat koordinasi (Rakor) Forkopimda 2023 yang digelar di Gedung Negara terkait dampak dan antisipasi musim kemarau.

"Untuk mengatasi meluasnya kekeringan sawah yang ada di daerah Ujungjaya akibat tidak berfungsinya bendungan Cariang, maka kami menyiapkan dana dari pos dana tak terduga untuk mengalihkan saluran air dari Sungai Cipelang ke saluran primer," ucap Dony, Senin (4/9/2023).

Pihaknya pun meminta Dinas Perdagangan, BPBD, Dinas Pertanian, dan Bulog menyiapkan ketersediaan stok pangan sehingga tidak terjadi inflasi.

"Apabila terjadi kenaikan harga pangan, maka segera lakukan gerakan pasar murah," ungkapnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut