get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini Kemenag Bakal Umumkan Hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1445 H 

Umat Muslim Diimbau Salat Istisqa saat Kemarau Panjang, Begini Tata Caranya

Jum'at, 15 September 2023 | 16:49 WIB
header img
Salat Istisqa. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Saat ini, Indonesia tengah dilanda kemarau panjang. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga Oktober untuk beberapa wilayah di Indonesia, dan bahkan ada kemungkinan sampai akhir tahun di wilayah lainnya.

Curah hujan masih sangat rendah menyebabkan kekeringan di sebagian besar wilayah Indonesia. Kondisi semakin tidak sehat seiring terjadinya polusi udara di sejumlah kawasan perkotaan.

Atas kondisi tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau, seluruh umat muslim untuk melaksanakan Salat Istisqa atau salat meminta hujan.

"Ini bagian dari ikhtiar batin sekaligus bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT, memohon agar Allah menurunkan hujan yang lebat merata, mengairi, menyuburkan, bermanfaat tanpa mencelakakan, segera tanpa ditunda. Amin," ucap Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Sesuai dengan namanya, dalam bahasa Arab Al-istisqa ialah meminta curahan air penghidupan (thalab al-saqaya). Para ulama Fiqh mendefinisikan Salat Istisqa sebagai salat sunah muakkadah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan air hujan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut