get app
inews
Aa Read Next : Dukung Fatwa MUI, Persis Minta Muslim Tak Beli Kurma Produk Israel

Pemuda Persis Apresiasi Langkah Strategis KNPI Dorong Implementasi Perpres No 43 Tahun 2023

Senin, 25 September 2023 | 10:36 WIB
header img
Farhan Fuadi Rahman. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung menginisiasi pertemuan Forum Group Discussion (FGD) Lintas Sektor bertema 'Menakar Peluang dan Tantangan Penerapan Perpres no 43 Tahun 2023 tentang Koordinasi Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan'.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta, Kota Bandung ini, turut hadir Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Sigit Iskandar.

Turut hadir juga perwakilan dari Bakesbangpol, Bapelitbang, Dinsos, Dispusip, Diskop UKM, serta kedinasan lainnya. Juga hadir organisasi mahasiswa seperti HMI, PMII, IMM Kammi, Sapma dan yang lainnya.

Ketua KNPI Kota Bandung, Edwin Khadafi menilai, permasalahan Kota Bandung yang begitu banyak tentang kepemudaan bisa jadi bermuara pada kurang solidnya kerja sama lintas sektor dan penanganan yang parsial.

"Sehingga implementasi Perpres no 43 terkait kordinasi lintas sektor dalam pelayanan kepemudaan perlu untuk dihadirkan di Kota Bandung," ucap Edwin.

Merespon hal tersebut, Farhan Fuadi Rahman yang menjadi peserta FGD menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas inisiasi KNPI tersebut.

“Kami dari Pemuda Persis mengapresiasi penuh kegiatan ini, besar harapan agar pemerintah kota dapat merespon dengan segera upaya implementasi Kordinasi Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan sebagai upaya nyata meningkatkan potensi dan mengatasi permasalahan yang ada di Kota Bandung,” kata Farhan.

Sementara itu, Ketua Panitia dan Wakil Ketua Bidang Penelitian Pengembangan (Litbang) Kajian Strategis Kepemudaan, Duana Permadi menurturkan, pihaknya siap berikhtiar untuk bisa melahirkan peraturan Wali Kota tentang Kerjasama Lintas Sektor ini.

"Kami siap membersamai Dinas Pemuda dan Olahraga dalam prosesnya, karena itu adalah bagian dari memperjuangkan kemajuan Pemuda di kota Bandung, tuturnya.

Akademisi Kebijakan Publik Unpad, Yogi Suprayogi Sugandi memaparkan Rancangan Aksi Daerah tentang Perpres ini yang bisa mendorong untuk Lahirnya Perwal Lintas Sektor Pelayanan kepemudaan di Kota Bandung.

"Kami sangat meyakini KNPI dan Dispora bisa membidani lahirnya Perwal ini," ujarnya.

Dispora Kota Bandung yang diwakili Asmara Hadi juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada KNPI yang telah berhasil mengumpulkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta elemen masyarakat lain untuk sama-sama membantu permasalahan kepemudaan di Kota Bandung.

"Dispora sangat siap bersama-sama untuk bisa menseriusi usulan atau rekomendasi untuk diterbitkannya Peraturan Wali Kota tantang Kerjasama Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan, yang tentunya ini merupakan salah satu tugas dari Dispora untuk mengantarkan Pemuda Kota Bandung bisa menjadi pemuda yang juara dan maju," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut