get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat Diimbau Aktif Memilah Sampah Mulai Dari Rumah

Api Padam, Pemprov Jabar Siapkan Sejumlah Langkah Strategis Pemulihan TPA Sarimukti

Kamis, 28 September 2023 | 20:09 WIB
header img
TPA Sarimukti masuki masa transisi. Foto: Instagram/@westjavagov_

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti siap menampung kembali puluhan ribu ton sampah. Mengingat api yang sempat membakar belasan hektare lahan TPA di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ini sudah padam.

Adapun ditampungnya 80 ribu ton sampah tersebut merupakan salah satu langkah strategis yang diambil Pemprov Jabar. Sebab sejumlah langkah strategis pada masa ransisi Tanggap Darurat Bencana TPA Sarimukti diambil Pemprov Jawa Barat bersama stakeholders terkait.

Langkah itu dilaksanakan sebagai upaya pemulihan sekaligus persiapan operasional TPA Sarimukti secara penuh pasca kebakaran. Pertama, memastikan tidak ada lagi api yang muncul di semua zona sehingga TPA Sarimukti dapat kembali menampung sampah secara normal.

Lalu, DLH Jabar dengan bantuan petugas Topdam III/Siliwangi melakukan pemantauan dan foto udara ke titik-titik api di zona 4.

"Kedua, memadatkan lahan di zona 1, 2 dan 3 untuk kemudian menyiapkan zona 1 agar dapat menampung 80 ribu ton sampah terpilah," kata Kepala DLH Jabar, Prima Mayaningtyas dalam keterangannya, Kamis (28/9/2023).

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut