get app
inews
Aa Read Next : Murah Meriah, Ini Dia Tiga Kuliner Kaki Lima Malam Hari di Bandung

6 Rekomendasi Kuliner Khas Palu, Sekali Coba Dijamin Bikin Ketagihan

Minggu, 01 Oktober 2023 | 16:58 WIB
header img
Kaledo. (Foto: Wikipedia)

PALU, iNewsBandungRaya.id - Menikmati kuliner khas di suatu daerah menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh para wisatawan.

Sebab, hal itu merupakan kesempatan untuk kita bisa menikmati cita rasa asli kuliner atau makanan autentik dari daerah tersebut.

Nah, jika kamu sedang atau akan berlibur ke wilayah Sulawesi Tengah, cobalah untuk berkunjung ke Kota Palu. Daerah yang berada di tepi laut ini punya berbagai macam kuliner enak yang bikin kita ketagihan.

Sebagai ibu kota Sulawesi Tengah, tak heran Palu dikunjungi ini turis domestik maupun internasional. Umumnya, salah satu kesan yang membekas bagi pengunjung tentang Palu adalah kuliner tradisionalnya. 

Penasaran ada apa saja? Berikut ini 6 rekomendasi kuliner khas Palu yang wajib dicoba, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Uta Dada

Dari namanya, mungkin kamu menebak kalau makanan ini terbuat dari dada ayam. Tebakan itu tidak sepenuhnya meleset, tapi sebenarnya uta dada berasal dari bahasa Kaili yang berarti kuah santan. 

Selain bisa menggunakan dada ayam, uta dada juga bisa dibuat dengan bahan baku utama ikan cakalang asap/bakar. Hidangan ini memiliki kuah yang tidak hanya gurih namun juga pedas di mulut. Kalau makan ini, pasangannya adalah ketupat atau buras.

2. Ayam Bambu

Disajikan di atas bambu, hidangan satu ini memiliki aroma yang nikmat dan cita rasa yang khas. Makanan yang diolah dengan cara dibakar di atas bara api ini juga sering disebut ayam buluh.

Meskipun dibakar, menu ini termasuk makanan berkuah yang bisa melunasi rasa lapar dan membuatmu ketagihan.

3. Duo Sale

Bagi kalian pecinta sambal, tentu kamu harus mencicipi Duo sale, sambal khas dari kota Palu. Kuliner khas Palu satu ini terbuat dari ikan teri yang telah dikeringkan dan kemudian dimasak dengan bumbu cabai merah, bawang merah, dan juga tomat.

Memiliki cita rasa manis tak terlalu pedas, makanan khas Kota Palu ini cocok disantap bersama nasi hangat ataupun nasi jagung, panganan khas kota Palu lainnya.

4. Palumara

Lauk khas Palu lainnya yang bisa melengkapi sajian nasi jagung adalah Palumara. Palumara sendiri merupakan sup ikan khas Palu yang memiliki rasa khas pedas dan asam.

Dimasak dengan ikan laut khas di laut Sulawesi, kuliner Palu satu ini wajib dicicipi penggemar seafood.

5. Lalampa

Lalampa adalah makanan khas Palu yang sekilas terlihat seperti lemper. Namun, yang membedakan adalah isian dari makanan ini yaitu ikan cakalang.

Dimasak dengan cara dibakar, makanan Palu satu ini memiliki aroma khas yang sangat sedap.

6. Kaledo

Kuliner khas Palu selanjutnya sangat cocok untuk kamu penggemar daging sapi. Kaledo adalah sejenis sup kaki sapi yang diolah dengan bumbu-bumbu khas yang membuat kaldu dari Kaledo sangat gurih dan lezat.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut